Desa Hilisimaetano, Salah Satu Desa Wisata Terbaik di Indonesia Gelar Event Besar Bertajuk Mania Mölö Fest

71

Pulau Nias, tepatnya Nias Selatan yang terkenal akan kekayaan wisatanya yang indah nan menakjubkan kembali lagi mengadakan acara terbesarnya di Desa Hilisimaetano, Maniamolo, Nias Selatan dengan tajuk Mania Molo Fest.

Desa Wisata Hilisimaetanö adalah satu pemenang yang termasuk ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia terbaik dan masuk dalam jajaran 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia.

Acara ini merupakan adalah Event besar yang menghadirkan panggung hiburan sampai pagelaran ritual adat khas Nias Selatan.

Acara yang sudah berlangsung sejak 19 Juni lalu itu akan berlangsung hingga puncak acara yang akan jatuh tepat pada 26 Juni 2022 mendatang tengah menjadi sorotan. Pasalnya, terdapat rangkaian acara menarik yang dapat ditemukan di Mania Molo Fest tersebut.

Seperti dihari kedua acara, telah berlangsung rangkaian kegiatan berupa pagelaran upacara pernikahan adat dan seni malam hiburan. Acara ini turut serta dimeriahkan oleh penyanyi-penyanyi profesional mulai dari Rocky Duha, Fridayanti Wau, Susi Duha hingga yang lainnya.

 

Lebih lanjut lagi, acara Mania Molo Fest ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik berupa Festival Fahombo (lompat batu), Pagelaran Hoho Fetataro, Festival Permainan Anak, Pagelaran Ritual Fanibo Lawolo Fatao dan acara menarik lainnya.

Dengan mengusung tema “Lestarikan, Cintai dan Jelajahi Budaya Kita”, acara ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian serta menarik kunjungan wisatawan.

Baca Juga:  Patung Jamin Ginting resmi dilakukan, Bobby Nasution harap Pemuda Kota Medan Miliki Semangat Juang

Dikutip dari bangkitNias.com, Kristiaman Dakhi, S.Kom selaku Ketua Panitia Manimolo Fest mengutarakan tujuan pelaksanaan acara tersebut ialah untuk melestarikan budaya leluhur, memperkenalkan kebudayaan kepada wisatawan, membangun industri pariwisata yang berbasis desa adat dan budaya serta menggiatkan ekonomi kreatif melalui kearifan lokal.

“Untuk melestarikan budaya leluhur, untuk memperkenalkan budaya kita kepada khalayak wisatawan, untuk membangun industri pariwisata yang berbasis desa adat dan budaya serta menggiatkan ekonomi kreatif melalui kearifan lokal,” ucap Kristiaman.

Selain itu, ia juga menambahkan akan ada sejumlah sanggar dan sekitar 30 desa yang siap tampil dalam kegiatan Maniamolo Fast mulai dari Hilinawalo Fau, Hiliamaeta Niha, Amandaya hingga seluruh desa di Kecamatan Maniamölö.

 

Kabarnya lagi, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Uno juga akan turut hadir dalam acara tersebut, tepatnya pada Rabu, 22 Juni 2022 mendatang yang mana bertepatan dengan kunjungan Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia.

“Nantinya Menparekraf akan hadir dan menyerahkan secara langsung Piagam beserta Plakat Desa Wisata Indonesia kepada pemerintah desa melalui Kepala Desa Hilisimaetano Formil Dakhi,” ungkap Ketua Panitia Maniamolo Fest, Kristiaman Dakhi (dikutip dari Nias.WahanaNews)

 

Penulis : Elieser Maharani Sebayang 
Sumber : Berbagai sumber