Daftar Hotel Unik di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi, Ada Yang dari Kontainer!

223

Apakah anda tipikal traveler yang suka memburu hotel unik? Jika iya, deretan hotel unik yang ada di Indonesia ini wajib untuk anda kunjungi. Pasalnya, hotel-hotel unik di Indonesia ini tidak  hanya menawarkan konsep desain dan ornamen yang unik saja namun juga mampu memberikan pengalaman menginap di hotel yang lebih berkesan dan menyenangkan. Apalagi fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Tak jauh berbeda dengan hotel berbintang maupun hotel mewah lainnya. 

Nah, semakin penasaran kan apa saja hotel unik di Indonesia tersebut? Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa hotel unik di Indonesia untuk anda. Simak selengkapnya di sini!

GH Universal Bandung 

Yang pertama ada hotel unik berkonsep ala Eropa di Bandung. Ya apalagi kalau bukan GH Universal Bandung Hotel. Terletak di Jl. Dr. Setiabudi No.376, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung, hotel ini merupakan satu-satunya hotel unik di Bandung yang mengadopsi gaya desain rumah Eropa klasik yang mewah nan elegan loh. 

Seisi sudut bangunan hotel ini pokoknya dapat membuat kamu seperti ada di Eropa. Mulai dari tampilan bangunannya, lobby nya, area kamar hingga para petugasnya yang turut mengenakan outfit bergaya Eropa klasik. Hotel yang berkonsep elegan dan mewah ini juga dilengkapi kafe rooftop bernama Belle Vue yang menampilkan landscape pusat Kota Bandung yang cantik. 

Anda yang gemar dengan berfoto ala Instagramable juga bisa memanfaatkan spot-spot cantik yang ada di hotel tersebut. Bagaimana tertarik untuk mengunjunginya? Untuk harga bermalam di hotel mewah ini berkisar mulai dari Rp900 ribuan saja.

Pacific Palace Hotel Batam

Terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau, hotel berbentuk kapal pesiar megah ini tidak berada di atas laut, melainkan di daratan, loh! Yup, Pacific Palace Hotel Batam menawarkan pengalaman unik menginap ala kapal pesiar, cocok untuk para pengunjung yang mabuk laut atau ingin merasakan sensasi menginap di atas kapal persiar (cruise).

Tidak hanya bentuknya saja yang menyerupai kapal pesiar, hotel ini juga menyediakan fasilitas yang sama seperti layaknya di dalam kapal pesiar sungguhan. Anda bisa menemukan kolam renang di dalam ruangan, hot tub, spa, ruang karaoke, hingga klub malam. Tak ketinggalan, para pekerjanya pun menggunakan seragam ala awak kapal pesiar sehingga semakin menambah kesan menginap yang lebih menyenangkan. Untuk tarif menginapnya berkisar dari antara Rp 600.000 hingga Rp. 1.000.000an. 

Por Aqui Stay & Dine

Khusus buat anda yang suka dengan desain bohemian penuh warna, maka Por Aqui Stay & Dine lah jawabannya. Hotel ini yang wajib dikunjungi taatkala berkunjung ke kota gudeg tersebut. Meski terbilang baru, namun hotel tema Meksiko ini mampu mencuri perhatian berkat interiornya yang Instagrammable. Setiap sudut hotel terlihat berwarna-warni, dengan pemilihan palet warnanya yang fokus pada tone cerah sehingga menciptakan suasana yang riang dan gembira. Berkat warnanya yang mencolok, tak jarang Por Aqui Stay & Dine juga digunakan sebagai tempat untuk pemotretan.

Terletak di Jl. Prawirotaman No. 31, Brontokusuman, Mergangsan, Por Aqui menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, termasuk kolam renang, taman yang indah, dan restoran loh. Ia juga menyediakan beragam pilihan kamar, seperti Martin Pescador, Flamenco Deluxe Patio, Guacamaya Deluxe & Deluxe Executive, dan Picamaderos Deluxe & Deluxe Executive, dengan harga berkisar Rp400.000-Rp900.000 per malam.

The Bubble Hotel Bali

Sesuai namanya, ketika menginap di sini maka berarti anda akan tinggal di sebuah kamar berbentuk menyerupai gelembung alias bubble. Ya, Terletak di Pantai Nyang Nyang Pecatu, Bubble Hotel Bali memiliki 6 tenda gelembung yang sangat minimalis. Anda akan merasakan sensasi tidur di dalam tenda berbentuk gelembung transparan dengan beratapkan langit berbintang. Indah sekali!

Dengan dinding transparan, hotel gelembung ini tentunya tak menyediakan fasilitas lengkap selayaknya hotel, namun hanya memiliki tempat tidur dan pendingin ruang. Kendati begitu, hotel ini juga tetap memiliki fasilitas kamar mandi dan kolam renang dengan view yang langsung menghadap ke Bali.   

Bambu Indah Resort Ubud

Salah satu hotel unik yang menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, resort yang satu ini mengusung konsep alam yang tak biasa yang mana menghadirkan nuansa pedesaan yang terletak di Ubud Bali. Uniknya, hotel unik di Ubud ini berbentuk seperti rumah bambu tradisional yang berasal dari Jawa dengan konsep desain kamar yang berbeda-beda. Salah satunya yang popular adalah Rumah Udang.

Ini merupakan tipe kamar yang didirikan di atas kolam ikan dan tambak udang yang lantainya terbuat dari kaca. Dengan begitu, ikan-ikan dan udang-udang akan terlihat berada di bawah kaki Anda.

Mara River Safari Lodge Bali

Ingin merasakan pengalaman menginap bersama hewan-hewan safari seperti gajah, rusa, bahkan singa? Jika iya, berkunjunglah ke Mara River Safari Lodge. Lokasinya berada di Jalan Ida Bagus Mantra, Gianyar, Bali. Berjarak sekitar 27 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai, serta bisa dicapai dalam 20 menit berkendara dari daerah Sanur dan 45 menit berkendara dari Ubud. 

Di sana, anda akan disambut dengan pemandangan taman yang penuh dengan zebra, badak, jerapah, dan kawanan-kawanan lainnya. Anda juga bisa memberi mereka makan langsung dari kamarmu, loh! Super funtastic! Fasilitas yang disediakan pun juga lengkap. Baik dari segi kamar, kolam renang, restoran hingga yang lain tersedia di Mara River Safari Lodge. 

The Highland Park Resort Bogor

Berikutnya ada The Highland Park Resort, Bogor. Dengan memiliki luas hampir 10,8 hektar, the Highland Park Resort Bogor  menyuguhkan suasana pengunungan. Uniknya lagi, ia pun mengusung konsep glamping dengan arsitektur mongolia dengan taman bunga krisan dan anthurium yang mengelilinginya. 

The Highland Park Resort juga menyediakan beragam tipe kamar mulai dari Rumah Pohon, Mongolian Camp, Apache Camp, dan Barrack Camp. Fasilitas yang tersedia juga tidak kalah lengkap seperti hotel unik lainnya. Yakni berupa Ac, Wifi, Telephone, Kamar mandi dalam dan juga peralatan mandi. The High Land Park Resort ini juga memiliki area outbound untuk setiap pengunjung yang datang.

Pohon Inn Malang

Hotel Pohon Inn terletak di kota Batu, Malang berada dalam satu area dengan Jawa Timur (Jatim) Park 2. Kalau kamu berwisata ke Jawa Timur (Jatim) Park 2, kamu tentunya pasti akan melihat hotel ini. Hotel ini begitu menarik perhatian. Bagaimana tidak?

Pohon Inn memiliki bentuk seperti sebuah pohon raksasa yang sangat unik. Ditambah lagi berlokasi di area Jawa Timur Park 2 yang juga memiliki banyak objek wisata seperti Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Tidak heran jika konsep dari hotel ini juga dekat dengan alam dan hewan.

Menariknya lagi, ketika makan di restoran berputar bernama Jungle Fast Food, akan dikelilingi oleh beragam binatang hidup loh. Anda bisa menyaksikan beragam tingkah laku harimau atau sarapan bersama rusa dan macan dari balik kaca yang tebal. Suasana hotel juga dibuat seperti di alam dengan dekorasi hutan di sepanjang koridor, yang membuat kamu seperti berada di dalam hutan. Pokoknya, Pohon Inn menjadi penginapan yang paling tepat untuk keluarga saat liburan ke Malang. 

Caravan Bungalow Safari Lodge

Caravan Bungalow Safari Lodge, merupakan tempat y cocok banget buat kaum introvert. Selain dikelilingi pepohonan yang tinggi, udaranya yang sejuk dan suasana yang hening dijamin bakal bikin betah dan ingin berlama-lama mengistirahatkan pikiran dari jenuhnya rutinitas. Karena itu lebih banyak keluarga yang memilih menginap di Caravan Taman Safari Lodge karena konsepnya unik, lebih privat dan memiliki suasana dan udara yang sejuk. Fasilitas nya pun juga sangat lengkap lhoh walaupun sudah menyajikan pengalaman menginap di hotel yang luar biasa.

Firefly Eco-Lodge

Pernah membayangkan bagaimana rasanya menginap di kamar berbentuk sangkar burung? Nah kini Imajinasimu bisa menjadi kenyataan jika berkunjung dan menginap di firefly eco-lodge loh. Hotel ini terletak di Geriya Mabian, Br. Ambengan, Peliatan, Ubud, Bali.

Di sini ada satu tipe kamar yang menyerupai sangkar burung bertingkat. Dibangun dengan konsep semi-outdoor, kamar sangkar burung ini tidak memiliki pintu. Sehingga rasanya akan seperti menginap di sangkar burung sungguhan. Untuk menuju lokasi kamar, kamu juga harus menaiki tangga dari bambu. Gimana? Cukup unik bukan? Pastikan, kamu mengunjunginya dan rasakan pengalaman menginap yang luar biasa. 

Qubika Boutique 

Hotel unik lainnya adalah Qubika Boutique. Ini merupakan satu-satunya hotel unik di Indonesia yang mengadopsi gaya unik yakni berupa kontainer dan Go Green Urban Experience. Dari luar hingga ke dalam ruangan, anda bisa melihat tumpukan kontainer berwarna warni yang ditata rapi dan sedemikian rupa. 

Qubika Boutique Hotel juga dikenal memiliki spot foto yang sangat instagramable. Ya, di bagian lobi dihiasi beberapa mural menarik. Sementara di area publik berada di ditengah bangunan serta dikelilingi kontainer. Di sini ada meja dan kursi artistik serta kursi sofa bundar warna-warni yang juga cocok jadi spot foto ootd.  Kemudian, di dekat kamar mandi ada tempat selfie menarik yang memberi kesan seperti berada di musim gugur.

Qubika Boutique Hotel memiliki 133 kamar yang dibagi dalam 4 tipe, yakni superior, deluxe, suit, dan club suite. Seluruh tipe kamar  pun Qubika Hotel didesain secara instagrammable sekaligus memberikan kenyamanan bagi para tamunya. Berlokasi di Jalan  Boulevard Raya Gading Serpong Kav. O No 9-10, Gading Serpong, Tangerang ini pun menyediakan berbagai fasilitas, seperti bar, restoran, game room, koridor eksterior, vending machine hingga lift khusus penyandang disabilitas.

Pitu Rooms

Yang terakhir ada hotel baru di Salatiga. Hotel ini memiliki konsep yang cukup unik. Bisa dibilang ia termasuk salah satu hotel paling tipis di dunia. Namanya adalah Pitu rooms. Hotel ini memiliki tinggi 17 meter, panjang 9,5 meter, dan lebar hanya 2,8 meter. Terlewat ramping bahkan di antara ukuran rumah yang ada di sekitar hotel tersebut.

Karena mengadopsi bahasa Jawa, yakni ‘pitu’ berarti tujuh. Maka bangunan hotel baru di Salatiga ini itu menjulang tinggi dengan tujuh lantai dengan berlatarkan warna merah yang cukup ikonik dan sangat mudah ditemukan apabila anda berniat datang ke Salatiga, tepatnya Jalan Sukowati No. 33, Kalicacing, 

Hal menarik lainnya yang ada di Pitu Rooms tidak hanya dari bangunannya saja yang ramping melainkan pada lift yang menjadi sarana para tamu untuk menuju kamarnya masing-masing. Karena bangunannya yang ramping, lift di hotel ini juga terbilang unik dengan hanya dapat menampung satu tamu saja sekali berpindah lantai. Hotel ini juga menyediakan 7 kamar dengan fasilitas lengkap, mulai dari kasur empuk, TV digital, AC, kulkas, hingga kamar mandi dalam. Pitu Rooms menjadi hotel yang menawarkan pengalaman menginap yang unik. 

Baca Juga:  Reality Club Wakili Indonesia di Festival South by Southwest (SXSW) 2024

Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353