Ini lho Berbagai Manfaat Positif Yang Didapat Ketika Menjadi Adaptor Hewan

147

Medan, Kovermagz – Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan adalah hal yang tidak begitu penting karena mengurusnya cenderung menyita waktu. baik dalam hal Memberi hewan makan, membersihkan kandang, mengurusnya fisik seperti memandikan, terkadang kelihatannyalebih mahal daripada kebutuhan sang pemilik hewan.

Tetapi bagi pecinta hewan hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah karena jika di tanya mengenai alasan mengapa ingin memelihara hewan beberapa diantara mereka akan menjawab karena lucu dan karena butuh teman. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya memelihara hewan dapat memberikan banyak manfaat? Berikut beberapa manfaat yang Anda dapat ketika memelihara atau mengadopsi hewa peliharaan:

1. Memberi Rasa Nyaman

Jangan salah, nggak hanya anggota keluarga yang bisa memberi kita rasa nyaman. Kita juga bisa menemukan rasa nyaman seperti dukungan, rasa persahabatan, serta rasa aman dari hewan yang kita pelihara.

2. Menghilangkan Kejenuhan dan Rasa Stres

Kebanyakan orang menghilangkan stres dan kejenuhan setelah seharian beraktivitas dengan cara bermain bersama hewan peliharaannya. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kadar dopamine dan serotonin yang sifatnya menenangkan pikiran dan membahagiakan perasaan.

Hanya dengan melihat tingkah lucu anjing kesayangan saja, sudah membuat kita tersenyum bahkan tertawa. Menurut sebuah studi, bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan sudah pasti memiliki tingkat stres yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak memelihara hewan peliharaan.

3. Mengurangi Kecemasan.

Ketika anda membelai hewan peliharaan anda atau bermain-main dengannya maka akan menimbulkan perasaan tenang. Hewan nyatanya bisa menurunkan kadar kepanikan atau kecemasan yang berlebihan pada manusia. Ketenangan didapatkan saat membelai hewan terutama hewan berbulu halus seperti anjing, kucing atau kelinci.

Itulah juga sebabnya mengapa di Panti Jompo kita cenderung sering  melihat hewan peliharaan seperti anjing atau kucing ditempatkan disana guna menemani pasien lansia dalam meningkatkan mood dan menstabilkan emosi mereka.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

4. Melatih Tanggung Jawab

Hewan peliharaan mengharuskan anda untuk bertanggung jawab akan kesejahteraan hidup hewan. Mulai dari pemberian makan, minum, kebersihan tubuhnya, dan kebersihan kandangnya yang dilakukan secara rutin bahkan hingga kesehatan seperti vaksin agar bersih dan tidak berbahaya bahkan jika hewan peliharaan anda sakit sudah seharusnya anda juga membawanya ke klinik dokter hewan

5. Sebagai Teman Berinteraksi

Hewan memang tidak dapat berinteraksi layaknya seorang manusia, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa hewan juga bisa lho dijadikan teman berinteraksi. Misalnya saat Anda memanggil hewan kesayangan Anda,  pasti hewan tersebut akan datang menghampiri sang pemilik.

Jika anda mendatanginya atau mengajaknya bermain mereka akan antusias menyambutmu dengan keceriaan mereka. Hewan peliharaan yang bisa diajak berinteraksi seperti anjing, kucing, atau burung juga sangat baik untuk keadaan psikologis anak dengan autism. Mereka dapat belajar berkomunikasi dan bersosialisasi dengan adanya kehadiran hewan peliharaan.

Untuk hewan peliharaan yang belum divaksi, ada baiknya sesudah menyentuh hewan untuk langsung mencuci tangan Anda dengan sabun di air yang mengalir untuk membantu mengurangi risiko terkena kuman pada hewan peliharaan dan akan menyebabkan menjadi sakit.

Tidak perlu takut untuk memelihara hewan sebagai peliharaanmu asal kamu benar-benar merawatnya, menjaga kebersihannya, dan melatihnya. Karena sifat dan sikap hewan-hewan tersebut juga akan terlihat dan terpancar dari bagaimana cara kita memeliharanya. Kalau bukan kita yang menyayangi mereka siapa lagi?. Sayangi mereka layaknya keluarga sendiri ya..

Penulis : Annette Thresia Ginting

Dokumentasi: Istimewa