Begini Perayaan Hari Yoga Internasional ke-6 di Konjen India Medan

60

Medan, Kovermagz –  Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional pada 10 Desember 2014. Untuk memperingati tonggak sejarah tersebut, sejak itu, serangkaian kegiatan diselenggarakan di seluruh dunia untuk merayakan Yoga, kearifan lampau tentang kesehatan dan kesejahteraan holistik. Jutaan orang berpartisipasi dalam kegiatan ini yang meliputi para pemimpin dunia, selebritas internasional, guru spiritual, penulis, seniman, dan orang-orang dari setiap lapisan masyarakat.

Dalam memperingati Hari Yoga Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Juni 2020 kemarin, Raghu Gururaj, selaku Konsulat Jenderal (Konjen) India yang berkedudukan di Medan mengundang beberapa masyarakat dan tokoh – tokoh Medan untuk mengikuti Yoga yang diselenggarakan pukul 07.00 WIB di pelataran kantor Konjen India yang berada di jalan Uskup Agung A Sugiopranoto 19.

Namun, dalam peringatan kali ini, Raghu Gururaj membatasi jumlah peserta yang hadir dan para peserta yoga wajib mengikuti protokol kesehatan Pemerintahan untuk tetap pakai masker dan melakukan jaga jarak terhadap peserta lainnya.

“Kami menyelenggarakan Hari Yoga Internasional hari ini, kami tetap mengikuti tradisi yoga setiap tahunnya. Karena pandemic COVID-19, kami tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah diatur dari Jakarta,” ucap Raghu saat ditemui wartawan Kovermagz.com di kantor Konjen India di Medan.

Sementara seorang partisipan wanita, yakni Winny mengaku sudah tiga kali mengikuti kegiatan ini. Akan tetapi, menurut Winny yoga yang dilaksanakan kali berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang dimana jumlah peserta terbatas dan harus menggunakan masker.

Baca Juga:  Celebrating The Legend Maya Angelou by Poetry and Literary Group (PLG)

“Kali ini kita live streaming dan pakai masker yoganya. Yang terpenting bagi saya, kegiatan yoga seperti ini harus dilaksanakan setiap tahunnya”, pungkas Winny

Sebelumnya perlu diketahai bahwa Protokol Yoga Umum dilakukan oleh Yoga Gurus Anjasmara Prasetya dari PPYNI (Asosiasi praktisi Yoga di Indonesia) bersama dengan Ibu Sita dan Ibu Yazmeen dari Art of Living, Indonesia.

Duta Besar Pradeep Kumar Rawat, Bapak Hayono Isman, Ketua FORMI juga menyampaikan sambutan mereka menyoroti pentingnya pengetahuan terdahulu tentang Yoga di zaman modern. Sebelum siaran langsung, Konsul Jenderal Raghu Gururaj menyambut para peserta dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi mereka. Dia menyoroti pentingnya yoga sebagai metode peningkatan kesehatan, terutama di tengah pandemi corona.

Penulis: Elsa Malona

Fotografer: Vicky Siregar