Begini Cara Mengatur Kulit Berdasarkan Tipe Kulit Wajah

53

Medan, Kovermagz – Kulit berwarna kuning langsat merupakan ciri khas wanita Indonesia, yang hidup di iklim tropis. Iklim tropis juga sangat banyak diminati oleh turis mancanegara karena biasnya ialah memiliki warna kulit kecoklatan. Maka tidak heran para turis yang datang ke Indonesia suka sekali berjemur di bawah sinar matahari.

Tetapi apakah anda tahu jika iklim tropis membuat kondisi kulit menjadi kering atau pun berminyak dikarenakan cuaca yang hangat dan lembab tidak menentu? Selain berjemur di bawah sinar matahari, memiliki kulit idaman juga memerlukan perawatan yang cukup intensive mulai dari wajah sampai ujung kaki.

Perawatan ini diperlukan guna mengurangi faktor beresiko dari pengaruh cuaca, usia, lingkungan, pola makan dan juga kondisi medis seseorang. Untuk menghindari akibat dari faktor beresiko di atas seperti wajah kusam, berjerawat, komedo, gari halus dan minyak berlebih dapat anda atasi dengan cara seperti berikut:

1. Bersihkan Wajah Dengan Benar Secara Rutin

Membersihkan wajah adalah salah satu hal yang mudah dilakukan. Cukup melakukannya dengan 2 kali sehari yaitu pagi dan malam. Pagi hari dilakukan guna untuk menghilangkan kotoran yang menempel saat semalam tidur. Sedangkan malam menjelang tidur berguna untukkandung menghilangkan sisa sisa make-up atau kotoran yang menempel sejak beraktivitas di luar rumah.
Untuk membersihkan wajah, awali dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

2. Gunakan Pembersih Wajah Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter kulit/kecantikan terlebih dahulu untuk memastikan jenis kulit yang anda miliki dan mengikut saran dokter untuk pemilihan pembersih wajah yang sesuai dengab kulit anda.

-Kulit Berminyak
Kandungan Gliserin Seme dapat melembapkan wajah tanpa mengurangi kadar minyak dalam wajah. Produk-produk noncomedogenic juga disarankan dalam memilih produk perawatan wajah dan kulit agar tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori

-Kulit Kering dan Kusam
Kandungan Antioksidan sangat ampuh mengatasi kulit kering dan kusam karena kandungannya dapat membantu meningkatkan kekenyalan pada kulit dan membuatnya tampak lebih bercahaya

Dengan pembersih wajah tersebut lakukanlah pijatan lembut secara melingkar menggunakan ujung jari. Setelah itu, bilas wajah dengan air, lalu keringkan dengan cara menepuk wajah secara perlahan menggunakan handuk bersih.

Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

3. Gunakan Pelembab atau Tabir Surya

Pelembab wajah maupun kulit yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit.

Beberapa bahan yang efektif untuk melembapkan kulit antara lain gliserol, ceramide, dan niacinamide. Selain pelembab biasa kulit juga memerlukan tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit dan kanker kulit, serta memicu munculnya bintik atau flek pada wajah dan keriput.

Tetapi Anda disarankan memilih tabir surya khusus untuk wajah dengan SPF 30 dan gunakan setiap hari meski cuaca sedang tidak panas sekalipun. Penggunaan tabir surya p diulang setiap 2 jam sekali atau lebih sering ketika Anda sedang beraktivitas di bawah terik matahari.

4. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak ini merupakan salah satu bahan herbal yang memerangi kulit kering. Jika kamu mengalami kulit kering, minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian tersebut. Tidak heran kalau minyak ini cukup mahal dipasaran

5. Atur Pola Hidup Sehat

Pola hidup tidak bisa dipisahkan dari apa yang kita konsumsi melalui asupan. Salah satu faktor yang sangat sering terabaikan ialah pola makan. Menghindari makanan berminyak dan yang mengandung lemak berlebih adalah satu cara menjaga kestabilan hormon pada kulit.

Memakan buah dan sayur yang mengandung tinggi serat dan antioksidan sangat mempengaruhi tingkat kolagen pada wajah. Sebut saja Omega 3 yang dikandung pada Ikan, antioksidan yang dikandung dalam anggur, bayam dan lutein pada brokoli dan asparagus dapat menangkal radikal bebas. Melalukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari juga membantu melancarkan pencernaan yang otomatis menyeimbangkan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan lupa juga hindari merokok dan minuman beralkohol.

Penulis: Annete Thresia Ginting

Dokumentasi: Istimewa