AYO RAYAKAN AGUSTUSAN ANDA DI RUMAH DIGITAL INDONESIA!

17

Sudah hampir dua tahun juga kita tidak merasakan euphoria Agustusan dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda. Sebuah selebrasi untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI yang sangat ditunggu oleh rakyat Indonesia pun rasanya kurang sreg  jika tidak ada kegiatan langsung yang bisa dilakukan. Tapi ditengah keterbatasan saat ini, sebuah acara yang dibuat untuk kita semua merasakan sensasi 17-an hingga menjelajahi Nusantara pun dihadirkan! Namanya, Rumah Digital Indonesia.

Presiden Joko Widodo dengan bangga meluncurkan platform digital Rumah Digital Indonesia (RDI) untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Dengan RDI, masyarakat Indonesia tetap bisa menikmati kemeriahan hari kemerdekaan selama sebulan penuh secara virtual. Rumah Digital Indonesia (RDI) yang diluncurkan pemerintah sudah bisa diakses sejak 1 Agustus 2021 lalu.

“Karena adanya pandemi, tahun ini hari kemerdekaan Indonesia akan dirayakan dengan cara yang berbeda, maka dari itu kami memutuskan untuk meluncurkan RDI. RDI adalah ruang digital bagi publik untuk berpartisipasi dalam perayaan hari kemerdekaan kita, sekaligus berinteraksi satu sama lain,” ujar Presiden.

Anggota Staf Khusus Presiden dan Kepala Bidang Pengembangan Konten RDI Putri Tanjung mengatakan, RDI dinilai sebagai jawaban atas tantangan kemajuan teknologi. Pandemi COVID-19 menghambat orang untuk bertemu dan berinteraksi secara langsung. Namun, RDI memungkinkan kita untuk merasakan pengalaman menghadiri festival kemerdekaan tahunan seperti tahun-tahun sebelum pandemi. 

Melalui website, RDI akan menyiarkan upacara HUT ke-76 serta semua program pertunjukan seni dan hiburan. Di bagian ‘Pasar Lokal’ yang ditentukan di situs web, UKM dapat menjual produk mereka secara online. RDI juga akan menggelar berbagai kegiatan, seperti permainan yang dimainkan secara tradisional saat perayaan hari kemerdekaan. Permainan dapat diakses melalui bagian ‘Arena Lomba 17-an’.

Pengunjung dapat menjelajahi tempat-tempat di Indonesia secara virtual melalui peta interaktif di bagian ‘Petulangan Nusantara & Wajah Indonesia ‘. Masyarakat Indonesia juga didorong untuk berpartisipasi aktif dengan mengirimkan video terkait tema tahun ini, “ Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. ” Konten akan ditayangkan di panggung yang telah ditentukan RDI.

Mensesneg Pratikno mengatakan RDI merupakan ruang dimana kemajuan teknologi digital dan semangat nasionalisme menyatu, membuktikan bahwa Indonesia adalah negara kuat yang terus tumbuh dan melampaui batas fisik yang ada.

 

CARA MENGIKUTI PERAYAAN TUJUH BELASAN-AN DI RUMAH DIGITAL INDONESIA

Selain menikmati konten yang disediakan, seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada dipersilakan berpartisipasi bersama RDI untuk turut meramaikan bulan kemerdekaan. Karya-karya masyarakat dapat dikemas ke dalam bentuk video perayaan kemerdekaan bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Untuk jenis kontennya beragam dan pastinya harus kreatif seperti di TikTok. Syarat video yang dikirimkan berdurasi minimal 1 menit. Nantinya, video kiriman masyarakat akan ditampilkan ke berbagai panggung dan ruang yang tersedia di Rumah Digital Indonesia. Ruang tersebut terdiri atas Ruang Literasi Digital, Pasar Lokal, Arena Lomba 17-an, Ruang Seni dan Budaya, Panggung Nasional serta Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia.

“Anda semua bisa berpartisipasi untuk mengirimkan video kreasi seperti menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau monolog,” kata Putri Tanjung, dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada 30 Juli silam.

 

SOURCE : DETIKCOM, KOMPAS, CNN INDONESIA