Aplikasi FaceApp Jadi Perbincangan, Amankah Bagi Pengguna?

119

Kovermagz.com – Aplikasi wajah tua FaceApp kembali viral di media sosial. Banyak para pesohor memposting wajah mereka yang menjadi tua karena menggunakan aplikasi ini. Banyaknya pengguna yang mengakses membuat aplikasi ini down. Namun kini muncul perdebatan baru soal keamanan data pengguna (privasi).

Apakah FaceApp mengakses foto pengguna tanpa izin? Dilansir dari Kaspersyky (Anti Virus Rusia), telah mengidentifikasi aplikasi palsu yang dirancang untuk menipu pengguna, sehingga menganggap aplikasi itu adalah versi bersertifikat aplikasi wajah tua FaceApp. Aplikasi palsu itu akan menginfeksi perangkat korban dengan modul adware yang disebut MobiDash.

Setelah diunduh dari sumber tidak resmi dan diinstal, aplikasi palsu itu mensimulasikan kegagalan dan kemudian terhapus. Setelah itu, modul berbahaya dalam aplikasi tersebut memasuki perangkat pengguna secara diam-diam dan menampilkan iklan.

Baca Juga:  MENGEJAR KESEMPURNAAN KECANTIKAN, SEJAUH APA?

Menurut data Kaspersky, sekitar 500 pengguna unik telah menemui masalah dalam dua hari terakhir, dengan deteksi pertama muncul pada 7 Juli 2019. Ada hampir 800 modifikasi modul berbeda yang telah diidentifikasi.

Cara kerjanya, ketika aplikasi hendak dipasang di smartphone, aplikasi itu justru akan membuat instalasi gagal. Ketika instalasi gagal, adware akan “lepas” dari aplikasi tadi dan secara terselubung masuk ke dalam sistem ponsel. Kemudian, seperti esensi adware, ponsel yang terinfeksi akan terus menampilkan iklan yang mengganggu, sehingga akan mengganggu sistem kerja android smartphone Anda.