Apa Saja Yang Pernah Terjadi di 15 September dari masa ke masa? Berikut Ulasannya

164

Medan, Kovermagz – Hari ini tanggal15 September terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun. pada hari ke-258—hari ke-289 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 15 September.

Berikut 7 ulasan kejadian yang pernah terjadi di tanggal 15 September dengan kurun waktu yang berbeda:

1. Tahun 668
Kaisar Bizantium, Konstans II, tewas dibunuh di kamar mandi istananya di Sirakusa, Sisilian, Italia. Ia dikabarkan dibunuh penasihat pribadinya menggunakann sebuah ember. Konstans II lantas digantikan putranya, Konstantinus IV.

2. Tahun 994
Pasukan Kekhalifahan Fatimiyah berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium dalam Pertempuran Orontes di dekat Sungai Orontes, Suriah. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah Aleppo antara Kekhalifahan Fatimiyah dan Kekaisaran Bizantium. Dengan kemenangan itu, Kekhalifahan Fatimiyah berhasil menguasai wilayah Aleppo.

3. Tahun 1762
Pasukan Prancis dikalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Signal Hill di wilayah Saint John, Nefoundland. Salah satu pertempuran di masa Perang Tujuh Tahun itu dipicu ambisi Inggris yang berusaha merebut wilayah Saint John dari Prancis.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

4. Tahun 1916
Untuk kali pertama sepanjang sejarah, tank digunakan dalam pertempuran. Pasukan Prancis dan pasukan Inggris merupakan pengguna tank pertama kala bertempur melawan pasukan Jerman dalam Pertempuran Somme di Somme, Picardi, Prancis.

5. Tahun 1935
Melalui Undang-undang Nuremberg, pemerintahan Nazi Jerman menghapus kewarganegaraan bagi orang Yahudi yang tinggal di Jerman. Selain itu, orang Yahudi di Jerman juga dilarang menikah dengan orang non-Yahudi. Undang-undang itu merupakan langkah awal pemerintahan Nazi Jerman menindas orang-orang Yahudi.

6. Tahun 1935
Pemerintahan Nazi Jerman menetapkan bendera baru yang menggunakan simbol Swastika. Swastika sebenarnya merupakan salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu.

7. Tahun1945
Pasukan Sekutu mendarat di Jakarta untuk melucuti tentara Jepang. Hal itu dilakukan demi mengusir Jepang dari wilayah Indonesia. Beberapa hari sebelumnya, Jepang memang telah menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II.

Editor: Vicky Siregar
Foto: Istimewa