10 Makanan Ini Dapat Menghilangkan Stress Berlebih

146

Medan, Kovermagz – Beban pekerjaan yang tiada henti, peliknya kemacetan, ditambah lagi kepusingan akibat wabah covid-19 yang semakin mencemaskan, akan sangat mungkin menimbulkan efek stress berlebih. Biasanya kalau sudah begini, jalan keluar praktis yang akan dipilih adalah makan.

Dilansir dari Women’s Health, pintar dalam memilih makanan akan mampu sedikit meredam dampak stress pada tubuh. Drew Ramsey, penulis buku The Happiness Diet dan Fifty Shades of Kale, ada beberapa makanan yang aman untuk membangkitkan mood, berikut ulasannya:

1. Oatmeal dengan madu

Semangkuk oatmeal hangat dari gandum akan memberikan kehangatan dan kelezatan yang bisa meredam tingkat stres kamu. Makanan ini akan merangsang peningkatan hormon serotonin yang membuatmu jadi lebih tenang.

2. Cokelat Hitam berisi Almond

Kandungan bahan aktif dalam cokelat terbukti nyata bisa membantu menghilangkan rasa stres. Sebuah studi tahun 2009 di Swiss menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam akan mengurangi pembentukan hormon stres dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

3. Keripik kale

Kale mungkin bukan komiditi sayur yang familiar di Indonesia. Namun, kale memiliki senyawa baik untuk tubuh, salah satunya adalah antioksidan karotenoid. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang memiliki kadar karotenoid tinggi dalam tubuhnya ternyata jauh lebih optimis dibandingkan yang rendah karotenoid.

4. Smoothies pisang

Di hari yang panas, segelas smoothies buah pasti bisa menyegarkan harimu. Campuran susu dan buah, terutama pisang akan membuat rasa smoothies jadi makin nikmat. Susu kedelai yang rendah lemak namun kaya folat akan membantu meningkatkan kadar serotonin (hormon penangkal stres).

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!

5. Kacang-kacangan

Kalau sedang stres dan galau, konsumsilah kacang mete, kenari, dan pistachio. Campuran kacang-kacangan ini mengandung serat, antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah.

Kandungannya akan membantu menurunkan tingkat kecemasan, omega-3 lemak esensial dalam kacang-kacangan akan mempercepat penurunan depresi. Sedangkan kandungan selenium dalam kacang mete dan almond terbukti akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

8. Ubi jalar

Rasa manis dan lezat dari ubi jalar pasti menjadi kenikmatan tersendiri saat menyantapnya. Tak cuma enak, ubi juga memiliki nutrisi yang baik untuk menurunkan kecemasan, yaitu karotenoid dan serat.

7. Yoghurt dan buah beri

Yoghurt juga menjadi pilihan tepat untuk kamu yang peduli dengan kesehatan. Yogurt adalah sumber energi  besar dari protein dan kalsium, yang dibutuhkan tubuh untuk melepaskan neurotransmitter perasaan senang dan lega.

Agar rasanya lebih nikmat, campurkan buah-buahan, terutama dari kelompok buah berri (Strawberri, blueberry, raspberry).

8. Kari

Semangkuk besar nasi kari yang pedas dan hangat juga menjadi makanan penenang saat sedang stres. Ketika tubuh mendeteksi adanya senyawa capsaicin dari cabai maka, otak akan melepaskan endorfin, senyawa yang berfungsi untuk memberi perasaan lebih tenang.

9. Teh hijau

Sebuah studi di tahun 2011 menyatakan bahwa kandungan L-theanine-asam amino dalam teh hijau akan membantu membuat pikiran jadi jernih dan “dingin”. Teh hijau juga dilengkapi dengan kandungan kafein yang bisa menambah konsentrasi dan fokus.

10. Wine

Alkohol yang terkandung dalam wine mencegah depresan di sistem saraf pusat, sehingga membantu penurunan tekanan darah. Hal tersebut juga akan membantu menurunkan tingkat ketegangan dalam tubuh..