Album Baru Lyodra Libatkan Dipha Barus, Hadirkan Elemen Karo Di Dalamnya

47

MEDAN (23/07/2021) – Penyanyi pop Indonesia Lyodra telah merilis album studio debutnya yang telah lama ditunggu-tunggu ‘Lyodra’. Album self-titled yang berisikan delapan nomor lagu ini baru saja dirilis pada Jumat silam (16/7), perilisan album debut ini pun juga serentak dengan diluncurkannya empat single Lyodra yang berjudul ‘Gemintang Hatiku’, ‘Mengapa Kita (Terlanjur Mencinta)’, ‘Tentang Kamu’, and ‘Sabda Rindu’. Dan pada hari yang bersamaan juga, pemenang Indonesian Idol 2021 ini merilis video klip untuk single ‘Kalau Bosan’. Namun, yang membuat penggemar Lyodra lebih bersemangat lagi adalah karena album ini juga menghadirkan sebuah lagu yang berkolaborasi dengan Dipha Barus, menghadirkan elemen karo di dalam album ini. 

KOLABORASI DENGAN MUSISI-MUSISI LAIN

Untuk debut albumnya, penyanyi dan aktris berusia 18 tahun itu dibantu oleh produser Anji Manji, Laleilmanino, Yovie Widianto, Dipha Barus, Ade Govinda, dan Mario G. Klau – yang bersama-sama membantu Lyodra menciptakan melting pot pop, R&B , tari, dan ballad rock. ”Di album pertama, aku kolaborasi dengan musisi-musisi hebat,” ujar Lyodra dalam jumpa pers virtual Kamis (15/7).

Terinspirasi dari suku dan latar belakang Lyodra dan Dipha Barus, keduanya bekerja sama membuat single bertajuk “Oe.. Oe Oe..”. Sebagian dari lirik lagu ini diciptakan sendiri oleh Lyodra dengan memasukkan unsur musik tradisional Karo.  Selain itu judul “Oe.. Oe.. Oe..” ini pun diambil dari Bahasa Karo yang memiliki arti ‘Iya’. Mengerjakan single ini, Dipha dan Lyodra mengaku tidak terlalu kesulitan, sebab keduanya sama-sama berasal dari Karo, Sumatra Utara. Komunikasi mereka pun berjalan dengan baik dan lancar. Alhasil, Lyodra Ginting dan Dipha Barus menghasilkan warna musik yang modern dan sangat danceable yang memiliki roots musik khas Tanah Karo sendiri, Gendang Patam-Patam.

Bagi Lyodra, debut albumnya ini sangat mewakili ciri khas sekaligus keinginannya dalam bermusik. Sebab saat proses pembuatan single-single yang ada di album ini dia banyak berdiskusi intensif supaya benar-benar sesuai dengan keinginannya. “Kita banyak sharing, diskusi dengan musisi musisi yang aku ajak kolab di album aku ini. Misalnya sama Kak Dipha, aku minta tambahin instrumen musik Karo,” tuturnya.

Baca Juga:  Klub 27: Kutukan Usia 27 Para Pesohor Dunia?