9 Perpustakaan Paling Cantik di Dunia, Tertarik Berkunjung?

303

Bagi sebagian orang, perpustakaan mungkin menjadi tempat yang membosankan. Apalagi jika tempat tersebut memiliki ruangan yang sempit dengan bermotif biasa-biasa saja dan fasilitas yang kurang memadai. Namun bagaimana dengan perpustakaan paling cantik di dunia ini? Tentunya tidak akan merasa bosan bukan?

Deretan perpustakaan ini bukan hanya akan membuat siapa saja betah seharian untuk membaca, namun juga memberikan sensasi pengalaman yang tak biasa saat pertama kali mengunjunginya. Selain itu, koleksi buku-buku yang di perpustakaan ini juga sangat beragam dan tertata dengan rapi. Ditambah lagi dengan penampakan desain yang sungguh memukau, pastilah akan menarik siapa saja untuk datang berkunjung.

Nah, bagi anda yang gemar membaca buku, berikut ini kami akan mengajak Anda berkeliling untuk menyaksikan perpustakaan-perpustakaan tercantik di dunia. Yuk, simak ulasannya di sini! 

1. Marciana Library, Italia

Perpustakaan paling cantik di dunia yang pertama ada Marciana Library. Perpustakaan ini sudah terkenal dengan bangunannya yang menawan dan anggun. Tidak heran jika perpustakaan ini sering digunakan untuk proses pengambilan gambar untuk beberapa film. Terletak di daerah Piazza San Marco, Anda bisa mengunjungi perpustakaan ini sebagai tujuan wisata.

Bergaya Renaissance, membuat perpustakaan ini menawarkan berbagai tur-tur khusus bagi Anda yang ingin berkunjung kesana. Ketika berkunjung kesana, Anda pun bisa mengambil video ataupun foto yang unik. Liburan Anda pun akan terasa berbeda dan juga berkesan. 

2. Library of Congress, USA

Library of Congress adalah perpustakaan riset di Amerika Serikat yang juga diketahui sebagai perpustakaan dengan koleksi buku terbesar di dunia. Koleksi yang ada di perpustakaan ini bermacam-macam subjek, format, dan batas nasional. Termasuk di dalamnya adalah beberapa hasil riset yang dikumpulkan dari berbagai belahan dunia dengan lebih dari 450 bahasa. 

Pernah mengalami kerusakan akibat kebakaran pada 1851, perpustakaan ini kemudian memperbaiki gedungnya dan menambah berbagai macam koleksi bukunya dalam waktu yang sangat cepat.

3. Peabody Institute Library, US

Satu lagi perpustakaan yang bisa anda kunjungi taatkala berwisata ke US, yakni Peabody  Institute Library. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang sangat banyak yakni 300.000 volum.  Dan buku-buku tersebut kebanyakan buku yang berasal dari abad ke-19. Perpustakaan ini selesai dibangun pada tahun 1878 dengan menggunakan bantuan dari seorang arsitek bernama Edmund G. Lind.

Bagian atrium dari perpustakaan tersebut memiliki tinggi kira-kira 18 meter. Setiap bagian dari perpustakaan didesain sedemikian rupa agar setiap mahasiswa maupun pengunjung merasa nyaman dan mudah dalam mencari dan membaca buku.

4. The Old Library at Trinity College, Irlandia

Jika anda berwisata ke Irlandia maka jangan lewatkan perpustakaan yang satu ini yakni The Old Library at Trinity College. Perpustakaan yang terletak di South-East Inner City, Dublin 2 ini dibangun oleh arsitektur ternama asal Irlandia yang membuat tampilan dan bangunannya tampak indah dan menakjubkan. Belum lagi, koleksi buku yang terdapat pada perpustakaan ini bisa dikatakan sebagai koleksi tertua loh.

Bahkan perpustakaan ini memiliki koleksi buku tahun 800an. Anda bisa mencari berbagai referensi di perpustakaan ini. Bukan hanya koleksi bukunya saja yang menawan, namun bangunannya juga terlihat sangat indah. 

5. Stuttgart City Library, Jerman

Stuttgart, Jerman adalah kota yang menjadi tempat berdirinya salah satu perpustakaan paling cantik yang ada di dunia. Memiliki nama yang sesuai dengan nama tempatnya, Stuttgart City Library, perpustakaan ini merupakan perpustakan dengan gaya minimalis tapi mengagumkan yang bisa membuat siapapun betah menghabiskan waktu membaca buku di tempat ini. 

Pilar berlapis emas disertai dengan lukisan indah di dinding-dinding perpustakaan membuat perpustakaan ini menjadi tempat yang sempurna untuk membaca. Didominasi dengan warna putih, perpustakaan ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2011. 

6. Melk Abbey, Austria

Perpustakaan yang ada di Austria ini sengaja dibangun sebagai bentuk penghormatan untuk Umberto Eco. Umberto Eco adalah seorang penulis novel misteri terkenal yang berujudul The Name of The Rose. Keindahan yang ditampilkan di perpustakaan tersebut memudahkan orang untuk melihat betapa menginspirasinya Umberto Eco ini.

Bagian yang dianggap paling cantik dan mengagumkan dari perpustakaan ini adalah bagian lukisan buang yang ada di langit-langit perpustakaan. Lukisan bunga tersebut dilukis oleh Paul Troger. Patung kayu yang ada di dalam perpustakaan menjadi simbol beberapa fakultas seperti filosofi, yurisprudensi, teologi, dan obat-obatan.

7. Wiblingen Abbey Library, Jerman

Kembali lagi ke Jerman, sebagai salah satu negara superpower di dunia, Jerman ternyata juga merupakan negara yang menghargai ilmu pengetahuan. Terbukti dengan 2 perpustakaannya yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 perpustakaan paling keren yang bisa membuat orang betah membaca. 

Bagian dalam dari perpustakaan keren ini dipasang beberapa patung. Dimana patung ini melambangkan kebajikan dan kedisplinan. Bagian kolom yang terbuat dari kayu dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan marmer.

8. Biblioteca Joanina, Portugal

Perpustakaan milik Unvesitas Coimbra sebenarnya terdiri dari 2 bangunan. Gedung bary dibangun oada 1962 dan gedung lainnya adalah Joanina Library. Perpustakaan yang pernah diberi julukan sebagai “House of The Bookshop” ini menjadi salah satu perpustakaan terkenal yang ada di dunia. Kini, Joanina Library telah berubah nama menjadi biblioteca Joanina.

Di bagian dalam perpustakaan terdapat 3 ruangan besar yang dipisahkan dengan hiasan melengkung. Atap perpustakaan dibuat dari kayu yang telah disepuh secara khusus, dinding perpustakaan dihiasi dengan rak buku bertingkat. Perpustakaan mengagumkan ini telah dijadikan sebagai monumen nasional dan salah satu atraksi yang menarik bagi para turis.

9. Handelingen Kamer, Belanda

Perpustakaan mengagumkan ini memang merupakan perpustakaan milik Belanda, namun perpustakaan ini dibangun karena terinspirasi dari keindahan arsitektur bangunan dari Cina. Tangga yang melingkar memudahkan akses untuk mengambil buku yang berada di lantai atas. Atap perpustakaan yang terbuat dari kaca membuat cahaya dapat masuk menyinari ke dalam. 

Perpustakaan mengagumkan ini berisikan sejumlah catatan penting beberapa diskusi parlemen. Karena perpustakaan ini dibangun sebelum ada lampu pencahayaan listrik, jadi perpustakaan in ibisa dikatakan cukup aman.