5 Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Keren Sampai Puluhan Tahun

243

Medan, Kovermagz.com – Sepatu kulit adalah salah satu jenis sepatu yang sangat esensial untuk dimiliki, terutama bagi mereka para kaum Adam.

Sepatu kulit yang bagus akan mendukung penampilanmu di acara formal agar terlihat lebih berwibawa. Tapi, sepatu kulit itu tidak bisa sembarangan dirawat, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar sepatu kulit tetap terlihat kokoh dan keren.

1. Hal yang pertama kamu ketahui,  kamu harus Kenali jenis sepatu kulitmu
Sebelum melakukan perawatan, kamu harus tahu sebelumnya jenis kulit yang dipakai sepatumu karena intensitas perawatan yang ideal bisa berbeda-beda. Bahan kulit memiliki berbagai jenis tingkat kelembaban, keelastisan, dan ketahanannya.

Biasanya, bahan kulit yang bagus seperti full-grain tahan lebih lama dan memiliki elastisitas yang bagus jauh dibandingkan bahan kulit lainnya bila dibarengi dengan perawatan yang rutin. Top grain atau kulit yang sudah dipoles juga tahan lama, namun tidak selama full grain.

2. Bila basah, biarkan kering di bawah sinar matahari.

Daripada dikeringkan dengan hairdryer, ada baiknya mengeringkan sepatumu di bawah sinar matahari. Namun, harus diperhatikan juga bahwa sinar matahari yang terlalu panas juga bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi pecah.

Jadi, jemurlah sepatumu di bawah terik sinar yang tidak terlalu panas. Jika kamu harus sekali menggunakan hairdryer, tutupilah sepatumu dengan selembar koran agar panas yang didapatkan tidak terlalu banyak.

Baca Juga:  PESAWAT CN-235 BUATAN RI YANG LAKU BERAT DIBELI NEGARA-NEGARA LAIN

3. Hindari penyimpan yang bersuhu udara lembab

Sepatu kulit berjenis apapun harus dijaga dari udara lembab, karena udara lembab dapat menyebabkan sepatumu berjamur dan lapuk sehingga tidak bagus untuk dipakai. Letakkan sepatumu kembali ke kotaknya beserta dengan silica gel.

Bila tidak ada silica gel, kamu bisa menggantinya dengan koran bekas untuk menyerap baunya. Letakkan kotak sepatumu di suhu ruangan yang kering

4. Rutinlah menyemir sepatu kulitmu

Untuk mempercantik sepatumu dan membuat warnanya cemerlang, pakailah semir sepatu yang sudah terpercaya dan tidak merusak untuk membuat warnanya menjadi lebih bagus. Carilah semir sepatu dengan warna yang paling mirip dengan sepatumu, dan jangan lupa untuk menyemirnya satu arah agar warna yang dihasilkan terlihat lebih alami.

5. Jangan biarkan sepatu tertindih-tindihti

Kelalaian dalam menata posisi sepatu dapat membuat tekstur sepatu kulitmu cepat rusak. Bila diletakkan si rak, pastikan sepatu kulitmu diletakkan berjarak dengan sepatu lainnya untuk menghindari noda baret yang permanen karena bergesekan dengan sepatu lain.

Penulis: VS13
Foto: Istimewa