Menurunkan Kolesterol Secara Alami

126

 

Kolesterol berguna bagi tubuh karena merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah untuk membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Terdapat kolesterol baik dan kolesterol jahat. Selama dalam batasan yang wajar kolesterol turut membantu menjaga kesehatan. Tetapi jika kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh bisa berbahaya. Kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL). Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu, Anda perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi seperti yang sudah kami coba rangkum untuk anda.

  1. Perbanyak makan sayur dan buah

    Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kada kolesterol jahat (low density lipoprotein) Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

  2. Rutin Berolahraga

    Menuru para ahli olahraga selama 40 sampai 60 menit per hari akan membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen. Tentunya bukan hanya kadar kolesterol yang terjaga, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga akan terbantu dengan aktivitas rutin berolahraga.

  3.  Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

    Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji cina

  4. Hindari Konsumsi Alkohol

    Berapakah konsumsi alkohol yang dibolehkan? Ukurannya bagi pria dan wanita berbeda. Yakni dari satu sampai dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita. Namun, jika Anda melebihi jumlah ini, kemungkinan tubuh untuk menyimpan lemak bertambah. Ukuran pinggang juga akan melebar (belly beer) sehingga secara tidak langsung meningkatkan kadar kolesterol.

  5. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

    Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

    Agar lebih praktis, Anda juga dapat mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

    Akan lebih baik lagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

  6. Stop Kebiasaan Merokok

    Mulai sekarang berhentilah kebiasaan buruk ini. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

7. Jaga Berat Badan Ideal

Jangan larut dalam suasana nyaman di rumah dan menyebabkan Anda sering bermalas-malasan atau tidur siang berlebih. Belum lagi malas bergerak.
Berusahalah menurunkan berat badan jika Anda obesitas atau kelebihan bobot tubuh. Mulailah latihan setiap hari, setiap jenis kegiatan tambahan akan bekerja dengan baik. Untuk memulainya, lakukan kegiatan ringan seperti berjalan, latihan beban, aerobik, bersepeda dan berolahraga karena akan membantu meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber  : Berbagai Sumber

Baca Juga:  Thank You Prof. Sarah Gilbert, pahlawan wanita di balik vaksin Astra Zeneca!