7 Hal yang Wajib Diketahui Saat Makan di Restoran All You Can Eat

108

Restoran All You Can Eat merupakan konsep tempat makan prasmanan atau buffet yang menyajikan banyak pilihan menu, namun kamu membayar dengan satu harga. Beberapa tahun belakangan, konsep restoran semacam ini mulai menjamur di setiap daerah di Indonesia dan memberikan solusi bagi kamu yang memang suka makan banyak.

Harga murah yang ditawarkan oleh restoran dengan kualitas makanan yang lebih dari harga tersebut, tidak serta merta membuat kita bebas dan tak punya aturan, ya. Apalagi bagi anak-anak muda dengan kantong pas-pasan, tapi ingin makan enak, all you can eat bisa jadi solusi. Dengan hebohnya konsep restoran AYCE, Sobat Kovermagz perlu mengetahui 7 etika penting saat makan di restoran all you can eat:

1. Rencanakan Apa Saja yang Ingin Diambil 

Sebelum mulai mengantri, sebaiknya perhatikan apa saja makanan dan minumam kira-kira ingin akan diambil. Dengan melakukan ini, Genhype dapat mempercepat antrian dan mempermudah alur antri bagi pelanggan lain.

 

2. Sabar Mengantri dan Jangan Pilih-Pilih

Ingat bahwa pelanggan lain yang datang juga lapar, sehingga tetaplah mengantri dengan sabar. Namun, ketika sudah giliranmu untuk mengambil makanan dan minuman, segera ambil dan jangan tinggalkan tempat berantakan.

 

3. Ambil Makan Secukupnya

Banyak pengunjung lain yang juga ingin menikmati layanan AYCE ini, sehingga ambil makanan dan minuman secukupnya. Selain itu, hal ini dapat mengurangi risiko overserving makanan dan minuman. Kuncinya adalah mengetahui apa Genhype benar-benar lapar, atau hanya lapar mata.

Baca Juga:  5 Produser Indonesia Terpilih untuk Program Producers Network Cannes 2024

 

4. Habiskan Semua Makanan Yang Diambil

Sebagian besar restoran AYCE akan periksa apakah Genhype telah meninggalkan sisa makanan dan minuman setelah waktu makan berakhir. Jika masih ada sisa akan dikenakan denda tambahan. Untuk mengatasi hal ini, pastikan semua makanan dan minuman yang Genhype ambil harus habis.

 

5. Jangan Mengganggu Pengunjung Lain

Etika kelima ini mencakup beberapa tata krama dasar, tetapi terkadang diabaikan di restoran AYCE. Pertama pastikan semua alat seperti capitan, centongan, dan alat-alat yang akan digunakan oleh pengunjung lain, dalam keadaan rapih dan berada pada tempatnya.

 

Pastikan juga untuk berbincang dengan suara yang normal, meski obrolan dengan keluarga dan teman sedang sangat seru. Untuk Genhype yang membawa anak kecil ke dalam restoran AYCE, jangan lupa untuk selalu mengawasi mereka agar tidak menggangu pengunjung lain, dan untuk menjaga keselamatan mereka.

 

6. Perhatikan Batas Waktu

Selain membayar dengan tarif tetap, ada batasan waktu untuk setiap sesi AYCE, biasanya berkisar antara 45 menit Р1 jam.  Jika Genhype masih makan setelah batasan waktu tersebut, maka akan dikenakan denda tambahan. Oleh karena itu, rencanakan semua makanan dan minuman yang ingin diambil, dan jangan terlalu banyak membuang waktu.

 

7. Jangan Bawa Pulang Makanan 

Restoran AYCE pada umumnya tidak memperbolehkan Genhype untuk membawa makanan dan minuman pulang. Karena tanpa aturan ini, restoran akan merugi dan merusak sistem AYCE itu sendiri.