7 Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil

95

Sobat Kovermagz yang setiap harinya menggunakan mobil pastinya ingin kendaraan tetap aman dan nyaman. Menjaga kebersihan mobil menjadi hal yang penting bagi penggunanya. Pasalnya mobil yang dikendarai memiliki bau apek yang akan sangat mengganggu.

Ada berbagai macam alasan yang membuat kendaraan berbau apek, sehingga menyebabkan pengalaman berkendara tidak menyenangkan. Di antaranya adalah filter udara yang kotor atau sisa makanan di dalam mobil.

Beruntungnya, cara menghilangkan bau tak sedap pada mobil ini cukup mudah. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan dapur untuk mengatasi masalah ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi mobil bau tak sedap.

1. Bersihkan Interior Mobil

Bau apek di dalam mobil sering kali disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk di atas jok mobil dan karpet. Tidak jarang pula ada sisa makanan atau minuman yang tumpah dan dibiarkan terlalu lama. Untuk mengatasinya, Genhype perlu melakukan pembersihan interior mobil secara menyeluruh.

Gunakan vakum untuk membersihkan karpet dan jok mobil dari debu dan kotoran. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah jok dan sudut-sudut yang sulit dijangkau. Kemudian gunakan kain mikrofiber dan pembersih interior mobil untuk mengelap dashboard, panel pintu, dan bagian-bagian plastik lainnya. Jika memungkinkan, keluarkan dan cuci karpet mobil. Gunakan pembersih khusus untuk membersihkan jok kain atau kulit.

 

2. Ventilasi Mobil Secara Berkala

Salah satu penyebab mobil berbau apek adalah kelembapan yang tinggi dalam kendaraan. Salah satu penyebab lembap adalah udara yang tidak berganti. Jadi, langkah kalian membuka kaca kendaraan dapat membuat udara berganti. Dengan begitu, kondisi suhu di dalam mobil tidak lembap dan bau apek berpotensi hilang seiring dengan keluarnya udara dan berkurangnya kelembapan.

 

3. Gunakan Dehumidifier

Cara lain untuk menghilangkan bau apek dalam kendaraan adalah menggunakan dehumidifier. Alat yang satu ini berguna untuk mengurangi kelembapan dalam mobil sehingga bau apek akan hilang atau berkurang.

Baca Juga:  Catat! Ini 4 Kiat Untuk Merawat Chicken Skin

 

4. Periksa dan Ganti Filter AC

Langkah memeriksa AC mobil jadi salah satu bagian untuk menghilangkan bau apek dalam mobil. Bukan tanpa alasan, pengatur suhu dalam kendaraan tersebut bisa menjadi sumber bau apek dalam kendaraan. Bagian AC bernama evaporator yang kotor bisa menjadi penyebab kondisi dalam mobil bau apek.

 

5. Pasang air purifier

Memasang air purifier di dalam mobil menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil. Cara kerja alat ini yakni menyerap bau tak sedap dan menggantikannya dengan udara segar.

Apalagi jika Anda sering merokok dan tergolong jarang membersihkan kabin mobil. Udara kotor akibat debu, asap, maupun jamur dan bakteri akan menyingkir dengan memasang air purifier.

 

6. Jemur di sinar matahari

Cara menghilangkan bau di mobil berikutnya adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari memang bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kain atau bahan lainnya. Termasuk interior mobil. Caranya adalah dengan mengeluarkan aksesoris mobil yang bisa dilepas, misalnya karpet pelapisnya, bersihkan bagian yang kotor, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung.

 

7. Gunakan Pewangi Mobil

Pewangi mobil menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau apek dalam kabin. Kalian dapat membeli berbagai macam pewangi yang dijual atau menggunakan bahan-bahan alam seperti serai atau biji kopi. Saat memilih pengharum, pastikan wangi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan tidak membuat pusing.

Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes essential oil (seperti lavender, peppermint, atau tea tree oil) dengan air dalam botol semprot. Semprotkan ke dalam mobil untuk memberikan aroma segar alami.