Taukah Kamu Manfaat Air Cucian Beras ??

23

 

Medan, KoverMagz Pasti diantara kamu banyak yang membuang air cucian beras begitu saja saat hendak menanak nasi, padahal air cucian beras memiliki segudang manfaat bagi kecantikan kulit wajah dan rambut kita. Beras mengandung zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultraviolet masuk ke dalam kulit, sehingga membantu merawat kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu vitamin, mineral, asam amino, asam ferulat, antioksidan, dan allantoin juga terkandung dalam air beas tersebut. Oleh sebab itu tidak heran para wanita asia mempercayai metode ini untuk menjaga kestabilan kelembutan dan kelembaban wajah mereka.

1. Mencerahkan wajah secara alami

Air cucian beras baik untuk merawat kulit wajah karena kandungan pemutih alami dalam beras. Bunda cukup maskeran dengan air cucian beras, kemudian tunggu hingga 15 menit sampai mengering. Lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah cerah alami. Kamu juga dapat mencampur air cucian beras denga sari lemon untuk membuat kulit wajah cerah dan bercahaya. Cuci muka dengan air ini dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2.  Mengatasi Jerawat

Pati yang terdapat dalam air cucian beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Air cucian beras bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik.

3. Toner Wajah Alami

Pertama, air cucian beras ternyata bisa digunakan sebagai pengganti toner wajah yang alami. Khasiatnya mulai dari menjaga kulit tetap cerah dan halus, mempercepat pertumbuhan sel, hingga menstimulasi aliran darah.
Cara menggunakannya yaitu dengan merendam bola kapas selama beberapa saat. Setelah itu gunakan sebagai toner wajah. Lakukan secara rutin untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.
4. Menghilangkan Flek Hitam
Campuran air cucian beras dengan putih telur juga dapat membuat wajah bersih tanpa flek hitam bekas jerawat. Putih telur dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi wajah yang berminyak. Wajah yang berminyak dapat memicu timbulnya jerawat. Nah, dengan campuran air cucian beras dan putih telur akan membuat wajah bersih tanpa flek hitam bekas jerawat.

5. Menangkal Radikal Bebas

Baca Juga:  B117 - Garis Keturunan SARS-CoV-2

Air cucian beras memiliki sifat antioksidan alami. Dalam sifat antioksidan terdapat kandungan ferulic acid.

Erulic acid berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Jika radikal bebas yang terdapat dalam tubuh makin tidak terkendali, bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang mematikan seperti kanker.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Air cucian beras bisa berfungsi sebagai pengganti sampo. Air cucian beras mampu menyeimbangkan pH kulit kepala. Dilansir dari Boldsky, air cucian beras berfungsi menyuburkan rambut, mengatasi ketombe, menghilangkan kutu, serta atasi rambut bercabang.

7.Hilangkan Kutu Rambut

Terakhir, diketahui bahwa air bekas cucian beras bisa membunuh kutu rambut beserta larvanya.Caranya, gunakan air beras untuk membilas rambut.Setelah itu, tutup kepala dengan topi mandi dan diamkan selama satu jam. Kemudian, bilaslah rambut sampai bersih.

Penulis : Annette Thresia Ginting
Sumber : Berbagai Sumber