6 Daerah Penghasil Buah Durian Terbesar di Indonesia

217

Durian, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Meskipun memiliki aroma yang sedikit menyengat, namun buah durian memiliki daging yang legit dengan rasanya yang manis.

Di Indonesia, anda dapat dengan mudah menemukan durian. Ya, pasalnya, buah durian merupakan salah satu buah khas yang ada di Indonesia. Hampir di setiap pulau di Indonesia terdapat pohon durian. Durian tidak hanya tumbuh di dataran rendah saja, melainkan juga mampu tumbuh di dataran sedang.

Di samping itu, banyak orang yang beranggapan jika buah durian tidak tumbuh sembarangan tetapi mengikuti musim yang ada di Indonesia. Adapun perkiraan musim tersebut yaitu pada bulan September hingga November. Namun ada pula yang memperkirakannya pada bulan Desember, dan Januari.

Meninjua dari data Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur menjadi propinsi penghasil durian terbesar di Indonesia. Propinsi ini mampu menghasilkan durian hingga ratusan ribu ton per tahunnya. Tidak semua kota di Indonesia yang mampu menghasilkan buah ini.

Lantas, daerah mana lagi yang menjadi penghasil buah durian terbesar di Indonesia? Dalam artikel ini, Tim KoverMagz akan mengupasnya untuk anda!

1. Jawa Timur

Sebagaimana yang telah Tim KoverMagz sebutkan, jawa timur adalah penghasil durian terbesar di Indonesia. Di daerah ini, ada beberapa kota yang menjadi penghasil durian yang manis dan legit. Misalnya, di daerah Trenggalek ada durian Ripto, durian merah dari Banyuwangi, durian Kembang dari Lumajang dan durian Kawuk dari Madiun.

Daerah di Jawa Timur menghasilkan beragam durian. Dan karena itu, tahun 2020, Provinsi Jawa Timur mendapat penobatan sebagai provinsi penghasil durian terbanyak dan terbesar di Indonesia. Di tahun tersebut, Jawa Timur dapat menghasilkan durian sekitar 275.795 ton dari berbagai penjuru kota.

Untuk itu, bila anda berpergian ke Jawa Timur, usahakanlah mencicipi durian yang ada di sana. Menurut para wisatawan, durian khas Jawa Timur cukup lezat dan menggiurkan. Anda akan ketagihan saat memakannya hingga tak mau lepas.

2. Sumatera Utara

Provinsi selanjutnya yang menjadi penghasil durian terbesar di Indonesia ialah Sumatera Utara. Ya, di provinsi tersebut terdapat beberapa kota yang terkenal akan duriannya yang banyak yakni Dairi, Mandailing dan Tapanuli Tengah.

Pada 2020, Dairi mampu menghasilkan durian hingga 273 ribu kuintal. Jumlah ini kemudian menyusul Kabupaten Mandailing dengan angka sekitar 143 ribu dan Kabupaten Tapanuli Tengah yakni 123 ribu kuintal durian.

Selain itu, terdapat pula dua daerah lainnya, yaitu Sidikalang dan Siantar. Bila Anda singgah ke daerah Sidikalang. Anda akan mendapati ragam durian lezat dengan dagingnya yang tebal, berwarna kuning, dan manis. Aromanya juga tidak terlalu tajam sehingga Anda dapat menikmati durian khas Sidikalang. Berbeda halnya dengan durian khas Siantar yang memiliki daging tipis namun rasa adalah juara terbaiknya.

3. Pandeglang

Pandeglang, Banten menjadi daerah penghasil durian terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Durian ini tumbuh subur di sepanjang jalan perbukitan Anyer hingga Rangkasbitung. Aneka ragam durian nikmat seperti si tembang, si fajar, dan lain-lain bisa anda cicipi jika berwisata ke daerah ini.

Pada tahun 2020, Banten berhasil memanen 32.488 ton durian. Oleh karena itulah, daerah Banten menjadi salah satu sentra penghasil durian terbanyak di Indonesia.

4. Banyuwangi

Sobat kover, pernahkah anda mendengar durian merah? Jika belum, cobalah sesekali datang ke Banyuwangi. Ya, di sana terdapat buah durian yang cukup berbeda dengan yang lainnya.

Banyuwangi memiliki durian merah. Durian merah atau durian abang ini bisa anda temukan di Desa Kemiren Banyuwangi. Adapun ciri-ciri dari buah durian merah ini, yaitu memiliki biji durian yang lebih kecil, daging buahnya tebal dan lebih manis. Selain itu, buah durian merah ini juga memiliki kadar alkohol yang cukup rendah dengan aromanya yang menyengat. Sedangkan warna kulitnya sendiri tak jauh berbeda dengan yang lain.

5. Sulawesi Selatan

Dari banyuwangi, saatnya beralih ke Sulawesi Selatan. Siapa sangka bila di provinsi ini menjadi penghasil buah durian terbesar di Indonesia. Mengutip dari beberapa sumber, pada 2020, hasil panen provinsi tersebut menyentuh angka 73.017 ton durian.

Adapun daerah yang menghasilkan durian tersebut ialah Kabupaten Enrekang. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil durian yang banyak dan lezat. Bahkan, kabupaten tersebut pernah mengadakan acara festival durian. Tak sampai situ, ada pula yang lainnya yakni Sidrap. Di kecamatan Pituriawa, buah ini biasanya dapat anda temukan di sepanjang jalan Desa Betao hingga Betao Riase. Buah tersebut terkenal akan rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut.

6. Lampung

Terakhir ada Lampung. Lampung tidak hanya terkenal dengan wisata Baharinya saja, tapi juga terkenal dengan agrowisata durian. Anda dapat berwisata durian sembari menikmati buah durian yang ada di sana.

Durian Lampung terkenal dengan teksturnya yang lembut, legit, dan sedikit pahit. Warnanya kekuningan mirip mentega. Biasanya, masyarakat Lampung mengolah durian menjadi dodol, lempok, kolak, hingga permen.

 

Inilah 6 daerah penghasil durian terbesar di Indonesia. Bila anda berjalan-jalan ke daerah tersebut, pastikan anda mencicipi buah durian. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berakhir pekan!