5 Tips Untuk Memulai Hidup Minimalis, Semakin Tahun Semakin Trend

109

Medan, Kovermagz – Bukan sekedar menghemat atau berusaha untuk menyisihkan uang, hidup dengan gaya minimalis kini tengah menjadi trend dikalangan kaum muda.

Memang agak berat rasanya jika harus dituntut untuk menahan keinginan berbelanja apalagi ditengah zaman yang penuh dengan perkembangan lifestyle seperti sekarang yang membuat kita untuk ingin selalu up-to-date.

Namun ternyata, hidup minimalis dapat membuat orang lebih bahagia, lho. bahkan ada sebuah buku berjudul “Goodbye Things” yang berisikan Panduan Hidup Jadi Minimalis Ala Jepang.

Didalam buku tersebut terdapat sebuah kalimat Tyler Durden yang mengatakan “Barang yang kau kuasai akhirnya akan ganti menguasaimu.”

Tertarik menerapkan konsep gaya hidup minimalis? Berikut tips yang harus kamu lakukan:

  1. Tetapkan tujuan dan alasan yang jelas

Jika hendak memulai hidup minimalis, sebaiknya tentukan tujuan yang benar-benar jelas. Jangan hanya karena ikut-ikutan trend, lalu kamu melakukan gaya hidup seperti ini.

Merasa sudah terlalu boros? Atau terlalu lelah dengan tumpukan barang yang tak jelas? Tetapkan tujuanmu, ya..

2. Mulai kurangi barang yang tak penting

Sekarang cobalah untuk mulai singkirkan barang-barang yang tidak terlalu digunakan dari tumpukan barangmu.

Metode ini juga bisa disebut Declutter. yaitu metode menyingkirkan atau membuang barang yang tidak dibutuhkan dan hanya menyimpan barang yang dibutuhkan atau sering digunakan.

Baca Juga:  B117 - Garis Keturunan SARS-CoV-2

3. Mempunyai prinsip: “Lebih baik punya barang yang sedikit namun berkualitas”

Cara selanjutnya yang mungkin bisa dicoba adalah dengan hanya membeli barang dengan kualitas bagus serta berumur panjang. Tentu hal ini juga akan menjadi sebuah investasi bagi kamu.

Hindari pembelian barang dengan mindset “karena murah” karena ditakutkan akhirnya akan mudah rusak dan menjadi limbah.

4. Aturan enam bulan

Jika hendak membeli sesuatu, cobalah untuk berfikir tentang kegunaan barang tersebut dalam enam bulan kedepan. Apa masih terpakai? Apa tetap terpakai?

Jika jawabannya tidak, sebaiknya hindari pembelian dan gantikan dengan barang lain yang lebih penting dan terpakai.

5. Ciptakan area anti berantakan

Hal selanjutnya yang juga perlu dilakukan untuk mengikuti gaya hidup minimalis adalah dengan menciptakan area berantakan.

Apa maksudnya? Menciptakan area anti berantakan adalah mencoba untuk menyingkirkan tumpukan barang didalam space rumah ataupun kamar. Cobalah singkirkan furniture tak terpakai, alat tulis yang tidak pernah digunakan diruang kerja,  atau perlengkapan lainnya dikamarmu agar space menjadi lapang.

Hal ini akan menambah dampak baik pada pemilik kamar, lho.. karena ketika ruangan menjadi lebih rapi dan tertata, suasana hati akan semakin baik dalam menjalani aktifitas.

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Berbagai Sumber