5 Tips Agar Cepat Bangun Ketika Mendengar Alarm

117

Medan, Kovermagz – Bangun pagi memang sulit rasanya jika tidak terbiasa. terlebih akibat pola kerja work from home (wfh) akibat pandemi, yang akhirnya membuat jam kerja semakin tidak teratur dari biasanya.

Alarm pun menjadi salah satu penyelamat untuk membangunkan kita saat hendak bekerja dari rumah. Pada banyak kasus, tak jarang kita untuk mengulur-ngulur waktu dengan menekan tombol snooze pada layar handphone ketika alarm berbunyi.

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu agar segera bangun ketika mendengar alarm:

1. Coba untuk tidur lebih awal

Selesaikan pekerjaan dan tugas-tugas lainnya dengan lebih cepat, kemudian cobalah untuk tidur lebih awal. hindari begadang untuk keperluan-keperluan yang tak penting karena hanya akan menyita waktu tidurmu.

Setidaknya, dengan memiliki jam tidur yang cukup, tubuh akan menjadi lebih mudah untuk bangun keesokan.

2. Letakkan alarm berjauhan dari tempat tidur

Ketika kita meletakkan alarm didekat tempat tidur kita, otomatis kita akan semakin mudah mematikannya.

Coba untuk jauhkan alarm dari tempat tidur. Hal ini akhirnya akan mengharuskan badan untuk berjalan mematikannya. Tapi, setelahnya paksakan tubuh untuk langsung bangun ya..

Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

3. Biasakan diri untuk bangun pagi

Meskipun sulit diawal, cobalah membiasakan diri untuk bangun setelah mendengar alarm selama 21 hari nonstop. jika dilakukan terus menerus, hal ini akhirnya akan menjadi kebiasaan, lho..

Dikutip dari Kompas.com menurut teori Maxwell Malt, jika kita melakukan sesuatu secara rutin selama 21 hari, hal ini akan menjadi rutinitas baru.

4. Punya tujuan di pagi hari

Punya tujuan yang kuat akan membuat kita bersemangat di pagi hari. Mulailah dengan aktifitas ringan yang kamu sukai seperti membaca lanjutan buku favorit, atau memasak.. kemudian barulah dilanjutkan dengan kegiatan lain seperti bekerja dan yang lainnya yang harus dikerjakan.

5. Rencanakan kegiatan pagi lewat jurnal

Selain memiliki tujuan seperti yang sudah dijelaskan pada point sebelumnya, memiliki list atau jadwal kegiatan juga akan membuat kita lebih semangat untuk bangun pagi.

Selain itu, jadwal kegiatan akan membuat waktu lebih tertata dengan efisien, dan tugas-tugas terselesaikan dengan baik. Tertarik coba?

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Kompas lifestyle, detikhealth.