Sama-Sama Memiliki Manfaat, Intip Bedanya Manfaat Olahraga Pagi dan Sore Hari

105

Medan, Kovermagz – Berolahraga menjadi salah satu aktifitas penting bagi tubuh. Mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan membuat kita harus menyisihkan waktu setidaknya minimal 3x dalam seminggu untuk berolahraga.

Mayoritas dari kita mungkin berolahraga dipagi hari, namun ada juga melakukannya di sore hari dikarenakan tidak punya waktu untuk berolahraga pada pagi hari. Lalu, mana yang sebenarnya waktu paling baik untuk berolahraga?

Sebenarnya, kedua waktu berolahraga ini sama-sama memiliki manfaat bagi baik bagi tubuh. Dikutip dari laman Fimela.com pada sebuah penelitan yang dilakukan oleh University of Copenhagen The Faculty of Health and Medical Sciences menemukan bahwa efek olahraga pagi dan sore hari memiliki kesehatan yang berbeda. berikut penjelasannya:

Olahraga Pagi vs Sore

Olahraga pagi sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Aktifitas olahraga pagi hari cocok dilakukan bagi kamu yang mempunyai tujuan menurunkan atau menjaga berat badan.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Ini dikarenakan aktifitas fisik yang dilakukan pada pagi hari dapat meningkatkan metabolisme gula dan lemak sehingga dapat mengontrol berat badan.

Sedangkan untuk olahraga sore, mampu meningkatkan energi tubuh untuk disimpan dan digunakan dalam jangka panjang. Simpelnya, jika ingin menambah masa otot atau ingin menjaga bentuk tubuh, sebaiknya lakukan olahraga dipagi hari.

Perbedaan tersebut ternyata disebabkan oleh Irama sirkandian pada tubuh. Irama sirkandian adalah sebuah siklus dalam tubuh yang memberi tahu kapan kita harus tidur, bangun, makan, dan banyak proses fisiologis lainnya.

Sebenarnya, tidak ada yang cenderung lebih baik dan lebih buruk. Karena berolahraga dikedua waktu tersebut sama-sama memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Jangan lupa untuk sisihkan sedikit waktu ditengah jadwal padatmu untuk tetap berolahraga, ya..

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Fimela, Liputan6, CNN Indonesia