5 Rekomendasi Olahraga Untuk Turunkan Kolesterol

Sobat Kovermagz harus waspada kolesterol tinggi dapat menyerang siapa saja, dari yang muda hingga tua. Selain menjaga pola makan, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kolesterol adalah rutin berolahraga. Ada beberapa gerakan olahraga untuk menurunkan kolesterol di tubuh.

Dilansir Healthline, rutin berolahraga dan memperbaiki gaya hidup merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau High-Density Lipoprotein (HDL).

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara menikmati hidangan lezat dan mempertahankan kesehatan. Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga yang ampuh menjaga kolesterol di bawah ini:

1. Bersepeda

Bersepeda termasuk dalam jenis olahraga kardio yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Aktivitas ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. Bersepeda juga merupakan olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan di berbagai tempat, baik di perkotaan maupun pedesaan.

Menurut penelitian dalam Journal of the American Heart Association, orang yang rajin bersepeda ke tempat kerja diklaim lebih kecil kemungkinannya mengidap kolesterol tinggi daripada orang yang tidak bersepeda.

2. Jalan Kaki Ringan

Jalan kaki ringan adalah olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Menurut laporan dari Medical News Today, berjalan kaki selama satu jam dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Kamu bisa melakukannya saat bepergian menggunakan transportasi publik, bekerja di ruang terbuka, atau bahkan hanya berkeliling di sekitar rumah.

Baca Juga:  Deretan Penyebab Jerawat Telinga dan Cara Mengatasinya!

3. Berenang

Berenang merupakan pilihan olahraga yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Aktivitas ini melibatkan banyak otot dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, berenang juga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, serta memberikan efek relaksasi.

4. Yoga

Yoga adalah olahraga ringan yang populer di semua kalangan. Sebagai bentuk meditasi fisik, yoga tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol tetapi juga mengurangi stres, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Gerakan dan teknik pernapasan dalam yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Selain melakukan olahraga di atas, kamu juga harus menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga kadar kolesterol. Hindari merokok, turunkan berat badan berlebih, dan terapkan pola makan sehat serta bergizi. Pilih makanan rendah lemak, perbanyak konsumsi sayur, buah, dan serat. Minum air putih yang cukup dan hindari minuman manis atau beralkohol.

5. Angkat beban

Olahraga angkat juga menjadi salah satu olahraga yang baik untuk mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Mereka yang berpartisipasi dalam latihan pertahanan dengan angkat beban, dapat membersihkan kolesterol jahat di aliran darah lebih cepat daripada mereka yang tidak.

Angkat beban juga membantu melindungi kesehatan jantung. Menggabungkan olahraga ini dengan olahraga lainnya juga dapat menurunkan lebih banyak berat badan dan lemak serta kebugaran kardiovaskular.