5 Manfaat Menggunakan Sampo Tanpa SLS untuk Rambut

Sodium lauryl sulfate atau SLS paling banyak ditemui dalam produk sabun, sampo, dan pasta gigi. Kandungan kimia tersebut berfungsi menciptakan banyak busa, terutama pada sampo. Namun, SLS bisa menyebabkan efek buruk pada kulit.

Dibandingkan dengan bahan pembersih lain dalam sampo, sulfat memang memiliki efek pembersihan yang mendalam karena kemampuannya untuk mengangkat kotoran rambut.

Namun, penggunaan SLS yang berlebih akan berdampak pada kesehatan kulit kepala dan rambut. Penggunaan produk dengan SLS dapat menimbulkan masalah kulit seperti iritasi, ketombe, dan lain-lain.

Sobat Kovermagz sebaiknya menghindari penggunaan SLS pada sampo secara terus menerus. Berikut adalah manfaatnya jika kalian menghindari SLS bagi kulit kepala dan rambut.

1. Tidak kehilangan minyak alami rambut

Sulfat dalam sampo memberikan efek berbusa yang membantu menghilangkan kotoran dari rambut dan kulit kepala. Dilansir dari Herbal Essence, meskipun efektif dalam membersihkan kotoran, sulfat juga dapat menghilangkan minyak alami penting dari rambut.

Minyak alami ini penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut secara alami. Ketika rambut kehilangan minyaknya, maka rambut akan terasa lebih kering dan rentan rusak.

 

2. Rambut tetap kuat

Untuk beberapa jenis rambut, penggunaan sampo yang mengandung sulfat dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Hal ini bisa mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Oleh karena itu, memilih untuk menggunakan sampo yang bebas sulfat dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga:  Ini 7 Manfaat Olahraga Renang untuk Perempuan

 

3. Menjaga kelembapan rambut

Kelembapan sangat penting untuk rambut agar terhindar dari masalah seperti ujung rambut bercabang dan kerontokan. Sampo yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) cenderung menghilangkan kelembapan dari serat rambut sehingga membuat rambut terlihat kusam dan kusut. Di sisi lain, sampo yang bebas sulfat membantu mempertahankan kelembapan alami pada rambut, terutama ketika menggunakan bahan-bahan alami seperti aloe vera.

 

4. Mengurangi iritasi/peradangan

Karena sulfat adalah bahan kimia yang keras, sampo tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Hal ini dapat berpotensi pada peradangan di kulit rambut jika digunakan terus menerus.

 

5. Melindungi dari kerontokan rambut

Penggunaan tak tepat dari sampo yang mengandung SLS dapat berpotensi menyebabkan kerontokan rambut. Penggunaan berlebihan dan tidak membilas sampo dengan baik dapat meninggalkan residu SLS pada folikel rambut yang dapat merusaknya dan mengakibatkan kerontokan rambut. Selain itu, diketahui bahwa SLS dapat mengurangi laju pertumbuhan rambut baru.