11 Jenis Bunga Ini Hanya Mekar di Malam Hari Ini, Aromanya Lebih Tajam!

45

Saat kita bangun di pagi hari atau cuaca yang masih cerah, melihat bunga di taman bermekaran mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun bagaimana bila melihat bunga mekar di saat mulai gelap atau malam hari? Sesuatu hal yang tak biasa bukan? Ya inilah yang akan anda alami jika anda hendak memelihara jenis-jenis bunga berikut ini. 

Meskipun minim cahaya, jenis-jenis bunga ini diketahui memang hanya mekar saat malam hari saja. Namun kendati begitu, bunga tersebut tetap bermekar cantik seperti bunga pada umumnya. Ia juga memiliki aroma yang khas bahkan ada yang lebih tajam. Penasaran dengan bunga apa saja itu? Kali ini tim kovermagz akan membahasnya untuk anda. 

Moonflower

Yang pertama ada moonflower atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan bunga bulan atau bunga terulak. Bunga yang lembut ini hanya dapat kita temukan di Florida dan Amerika Tengah. Sesuai dengan namanya, Moonflower adalah bunga besar berwarna merah muda atau putih yang mekar dengan cepat di malam hari dan sampai setelah matahari terbit.

Bunga moonflower juga memiliki aroma manis yang kuat sehingga tak heran bila banyak orang yang menyukainya. Tanaman ini juga cocok di wilayah dataran rendah karena menyukai sinar matahari penuh. Bunga moonflower akan layu saat matahari terbit. 

Evening Primrose

Jenis bunga yang diketahui hanya mekar saat malam hari selanjutnya adalah bunga evening primrose. Bunga ini tidak hanya mekar di malam hari namun juga termasuk jenis bunga yang indah dan sehat. Bunga ini sering ditanam untuk diambil minyaknya yang bergizi, yang kaya akan lemak tak jenuh yang sehat. 

Evening primrose merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Bunga ini juga termasuk tanaman dua tahunan. Bunga ini akan mekar dengan cepat di malam hari hingga keesokan harinya.

Casablanca lily

Dianggap sebagai hibrida dari bunga lili oriental, bunga Casablanca lily memiliki bunga yang mekar seperti terompet dengan hanya enam kelopak dan berwarna putih bersih. Ada juga varietas yang memiliki bunga berwarna ungu, kuning, atau pink. Bunga Casablanca lily adalah dekorasi yang disukai untuk acara-acara penting, termasuk pernikahan serta pilihan favorit untuk membuat parfum karena aromanya yang kuat.

Datura

Angel’s Trumpet refers to two types of gorgeous flowers: Brugmansia, a woody perennial with drooping, pendulous and trumpet-shaped flowers that produce a strong fragrance especially in the evening and Datura, a lovely annual with fragrant, upward-facing blooms. The flowers come in a variety of colors of white, pink, orange and yellow.

Jenis bunga yang mekar di malam hari selanjutnya adalah datura. Bunga ini tergolong jenis tanaman yang sangat beracun. Datura berbentuk seperti terompet dan bisa mekar di malam hari. Saat mekar, bunga ini berwarna ungu, kuning, putih, atau merah muda. Bunga ini harus ditanam dengan hati-hati dan diletakkan di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh hewan peliharaan. 

Tuberose

White Tuberose flower garden in india

Jenis bunga yang mekar di malam hari berikutnya adalah tuberose. Bunga ini lebih dikenal dengan nama sedap malam. Bunga sedap malam dapat tumbuh dari umbi dan tumbuh subur di iklim yang lebih hangat dan menghasilkan kelopak bunga berwarna putih. Menariknya, bunga dari tuberose atau sedap malam ini akan memantulkan sinar bulan di taman malam. 

Selain itu, bunga ini juga kerap menjadi bahan utama dalam berbagai parfum. Kelompok mekarnya juga merupakan bunga potong segar yang indah, yang sering ditambahkan ke dalam rangkaian bunga.

Bunga Teratai

Siapa sangka bila bunga teratai termasuk salah satu jenis bunga yang mekar di malam hari Bunga teratai atau bunga lili air ini memiliki daun besar dan mekar dari pertengahan musim panas hingga awal musim gugur. Keindahannya terletak pada bunga yang berwarna merah magenta pekat dan mengapung tinggi di atas kolam. Bunga teratai merupakan tanaman yang mampu berbunga hingga enam atau tujuh sekali mekar sekaligus. 

Night Blooming Careus

Night Blooming Careus atau dikenal dengan Wijaya Kusuma ini merupakan tanaman yang hanya mekar di malam hari. Tanaman ini biasanya memiliki bunga yang akan kuncup setelah fajar. Tanamn ini masuk dalam anggota genus kaktus. Selain itu, ketika bunganya mulai mekar pada pukul sembilan malam, tanaman ini akan menyebar semerbak aroma yang tajam. Mitosnya, bunga Wijaya Kusuma ini ternyata dikaitkan erat dengan tanaman kesukaan ratu pantai selatan, loh sob. 

Bunga Naga

Siapa yang tak mengenal buah naga, buah ini memiliki rasa yang nikmat dan lezat serta berkhasiat bagi tubuh kita. Kalau biasanya kita mendapatkan manfaat dari buahnya, ternyata bunganya yang mekar di malam hari juga bisa memanjakan mata kita. Yap! Bunga naga diketahui hanya mekar satu kali saja dan itu terjadi ketika malam hari loh. Bila sampai pagi tidak terjadi penyerbukan, maka bunga akan rontok dan gagal berbuah menjadi buah yang lezat. 

Brugmansia 

Selanjutnya, bunga yang mekar pada malam hari adalah brugmansia. Dikenal juga sebagai bunga terompet malaikat, brugmansia adalah bunga yang indah dan langka. Beberapa orang percaya tanaman ini telah punah di alam liar mesk mmasih ditanam di kebun-kebun. Namun, tanaman bunga brugmansiabisa mematikan jika tertelan, jadi pastikan menjauhkannya dari orang dewasa, anak-anak, dan hewan peliharaan.  Berbeda dengan bunga lain dalam daftar ini, brugmansia mekarnya pada malam hari, tetapi hanya bertahan selama beberapa hari.  

Anggrek beraroma malam 

Sesuai dengan namanya, anggrek beraroma malam atau night-scented orchid adalah bunga yang mekar pada malam hari. Tanaman bunga lembut yang mengesankan dengan aromanya yang kuat pada sore dan malam hari. Anggrek beraroma malam adalah tanaman langka dan tidak dibudidayakan serta satu-satunya anggrek yang mekar pada malam hari. Kelopaknya menyerupai bantalan pendaratan, mendorong serangga nokturnal untuk datang dan menyerbukinya. 

Nicotiana

Nicotiana terkait dengan tanaman tembakau yang digunakan untuk rokok. Nicotiana adalah bunga yang mekar pada malam hari dan mudah tumbuh karena bijinya berkecambah dengan sangat cepat. Aroma bunga nicotiana sangat kuat saat mekar. Pada siang hari, bunga ini menarik banyak bunga kolibri.  

 

Baca Juga:  Rekomendasi Notes Parfum yang Cocok untuk Cuaca Panas

Nah, itulah beberapa bunga yang hanya mekar di malam hari. Semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu dan menjawab rasa penasaranmu, ya.