Yuk Mulai Kendalikan Keuangan Dengan Tips Berikut

58

Medan, Kovermagz – Rasanya tahun ini kita harus menjalani masa yang berat akibat pandemi covid-19. Akibat hal ini, setidaknya banyak aspek yang terkena dampak.

Dampak yang paling terasa bagi kita semua mungkin adalah aspek ekonomi. Banyak perushaann yang akhirnya memberi upah tidak seperti sebelum adanya pandemi, beberapa karyawan bahkan dikurangi jumlahnya.

Ini semua adalah rentetan dampak dari pandemi global yang hingga saat ini belum juga berakhir. Lalu bagaimana sebenarnya cara kita mengatur keuangan dimasa-masa sulit seperti sekarang? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Dahulukan kebutuhan pokok

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan tidak cemas dan mengambil waktu sejenak untuk menghitung kembali biaya kebutuhan pokok setiap bulannya. Hal ini termasuk biaya untuk makan, pakaian, serta tempat tinggal yang layak.

2. Hindari Panic buying

Di masa awal pandemi virus corona, banyak orang yang melakukan panic buying dan memborong tisu dan juga antiseptik. Hindari melakukan hal ini karena dapat menaikkan pengeluaran kamu secara drastis. Lagi pula, stok yang telah habis akan selalu diisi kembali. Jadi, belilah sesuai keperluanmu.

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

3. Kurangi pengeluaran yang tak perlu

Setelah kebutuhan-kebutuhan penting sudah terpenuhi, kamu dapat mengurangi pengeluaran biaya yang tidak perlu. Beberapa contoh nyata yang bisa dilakukan antara lain mengurangi penggunaan listrik dan air jika tak diperlukan, serta kegiatan online shopping.

4. Cari sumber hiburan yang hemat

Pandemi virus corona membuat kamu cemas atau stres? Hindarilah melakukan cara-cara yang boros untuk menghibur diri dan pilih sumber hiburan yang lebih hemat.

Contohnya dengan bermain monopoli bersama keluarga dibandingkan beli video game atau membeli buku bekas dibandingkan yang baru.

5. Hindari membeli makanan diluar

Tips mengelola keuangan saat pandemi virus corona berikutnya adalah dengan menghindari memesan makanan dari luar dan cobalah membuat menunya sendiri di rumah. Bahkan, jika memungkinkan kamu dapat menanam sayur di rumah agar biaya makan jauh lebih hemat.

Penulis: Jehan Erwita
Sumber: Berbagai Sumber