Veggie Fest Sajikan Ragam Menu India Sesungguhnya

142

Konsulat Jenderal India di Medan bersama Indian Expatriates Association Medan (IEAM) menyelenggarakan Veggie Fest di Dr’s Koffie Resto & Lounge, Jalan S. Parman No. 56 Medan pada hari Minggu (16/02). 

Acara ini dibuka langsung oleh Konsul Jenderal India di Medan, Raghu Gururaj dan Presiden IEAM, Ashish Sharma. Hadir pula Owner Dr’s Koffie Resto & Lounge, Alice Wijaya, Executive Chef Grand Aston City Hall Medan, Tubagus, sejumlah anggota IEAM, komunitas India di Medan dan para perwakilan negara sahabat.

Dalam sambutannya, Raghu Gururaj mengungkapkan bahwa Veggie Fest digelar untuk memperkenalkan masakan India sesungguhnya kepada masyarakat Medan dan berharap makanan India semakin populer serta bisa disajikan di restoran-restoran yang ada di Kota Medan.

“Saat saya mengusulkan untuk melaksanakan acara ini, saya memikirkan dua hal. Saya merasa bahwa kuliner India yang ada di Kota Medan tidak mempresentasikan kuliner India yang sangat beraneka ragam rasa dan rupa, juga tidak merepresentasikan keautentikan kuliner India. Festival ini penting untuk membuat hubungan antara India dan Medan menjadi lebih baik lewat makanan,” ujarnya.

Ashish Sharma juga turut mengungkapkan terima kasihnya kepada Konsulat Jenderal India di Medan, Dr’s Koffie, Fresh Harvest atas dukungan terhadap acara Veggie Fest serta tim IEAM yang telah mempersiapkan seluruh menu di acara tersebut. Ia pun yakin akan banyak masyarakat yang tertarik menjadi seorang vegetarian setelah mencicipi aneka ragam masakan vegetarian yang sehat dan lezat.

Makanan yang dihidangkan dalam Veggie Fest merupakan sajian vegetarian dengan bahan sayur dan buah-buahan. Beberapa menu vegetarian spesial yang dihadirkan adalah Masala Dosa, Gol Gappe, Dal Batti, fara, Handvo, Sundal, Parantha, Puran Poli, Gatte Ki Sabzi dan Besan Ki Barfi. Adapun vegetarian buffet yang telah disediakan berupa Jeera Rice, Chapati, Matar Paneer, Dal Tadka, Fattoush Salad, dan Green Coconut Barfi.

Chef Tubagus pun memberikan pujian terhadap sajian masakan India pada kegiatan Veggie Fest.

Masala Dosa saya rasa menu yang cukup pedas dan sesuai dengan lidah kita. Ada juga dessert yang rasanya seperti asam tamarin, itu juga pas. Jadi saya pikir vegetarian ini memang makanan orang-orang sehat karena mereka nggak konsumsi daging, jadi mereka menghindari kolesterol, banyak serat dan kaya akan antioksidan, biasanya lebih panjang umurnya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Raghu Gururaj pun menghadiahkan buku masak kepada Alice Wijaya dan buku Kuliner India kepada Chef Tubagus serta Ashish Sharma memberikan cendera mata berupa baju IEAM kepada Chef Tubagus.

Penulis & Fotografer: Indriyana Octavia

 

Baca Juga:  BALADA LAPTOP MERAH PUTIH "GAWEAN" PEMERINTAH INDONESIA