Usung Tema The Spirit of Aekhula, Festival Pesona Aekhula Kabupaten Nias Barat 2022 Resmi di Gelar

92

Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, perekonomian lokal, inovasi dan kreativitas, Festival Pesona Aekhula Kabupaten Nias Barat 2022 resmi digelar hari ini, pada Sabtu 18 Juni 2022.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu membuka secara resmi acara Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival Pesona Aekhula tersebut di lapangan sepakbola Tetesua, Desa Sirombu, Kecamatan Sirombu.

Perlu diketahui, Festival Pesona Aekhula 2022 sendiri merupakan acara tahunan yang sudah dilakukan sejak 2018. Tahun lalu, festival ini ditiadakan lantaran virus Covid-19 yang merajalela di Indonesia. Dan Tahun ini, Festival Pesona Aekhula kembali dihelat dengan mengusung tema The Spirit of Aekhula.

Adapun maksud dari tema tersebut ialah menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong dari berbagai sektor dan elemen masyarakat dalam membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Nias Barat yang sempat redup karena pandemi.

Festival Pesona Aekhula juga merupakan event dalam melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal daerah serta mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Nias Barat.

Setelah opening ceremony festival pesona diisi dengan berbagai atraksi budaya, tari Moyo, silat, dan diakhiri dengan maena massal. Acara ini nantinya akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari 18 Juni hingga 22 Juni 2022.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu ini juga turut dihadiri ribuan warga, para tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Baca Juga:  Sapo Juma Tongging, Pancarkan Destinasi Wisata Taman Bunga yang elok dan Instagramable

Ada beberapa kegiatan menarik yang kita tawarkan untuk diikuti oleh seluruh masyarakat Kepulauan Nias antara lain Penampilan Sanggar Budaya dan Pertunjukan, Lomba Aekhula Voice, Festival Kuliner, Lomba Kerajinan Tangan, Lomba Layang-layang, Spot foto dan mancing mania. Selain itu, sepanjang pelaksanaan event, masyarakat Nias Barat akan dihibur oleh artis-artis lokal”,  ujar Imelda Hia selaku PLT Kadis Pariwisata Nias Barat

Selain menghadirkan kegiatan lomba yang menarik, terdapat juga Bazaar atau Stan Pameran. Pengunjung dapat membeli makanan maupun buah tangan yang ditawarkan pelaku usaha ekonomi kreatif dalam pelaksanaan event yang dikemas stand dan bazar pameran.

Dikutip dari Waspada.id Bupati Nias Barat banyak meyampaikan harapan terkait dampak acara Festival Pesona Aekhula tersebut.

Acara Festival Pesona Aekhula ini merupakan representasi semangat dan harapan baru pemerintah bersama masyarakat Nias Barat untuk bangkit mengembangkan kepariwisataan. Dan event masuk pada daftar KEN 2022,” ujar Khenoki Waruwu.

Selain itu, Khenoki Waruwu selaku Bupati Nias Barat juga menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam memasarkan atau mempromosikan Nias Barat sebagai destinasi pariwisata yang berdaya tarik kepada dunia luar baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Penulis: Elieser Maharani Sebayang