Tren Motif Tie-dye, Unik dan Penuh Warna

181

Tren fashion memang tidak akan pernah kehabisan ide. Akan selalu ada model dan motif baru yang in di kalangan penikmat fashion.

Tie-dye, motif abstrak warna warni kini kembali tren di pasaran akhir-akhir ini. Untuk kamu yang belum tau, tie-dye adalah teknik pembuatan motif sekaligus pewarnaan dengan menggunakan teknik ikat celup.

Motif ini kembali tren di 2020, dan beberapa koleksi fashion pun ikut mengeluarkan model baju dengan motif tak biasa ini.

Pengamat fesyen juga mengatakan, alasan tie-dye kini kembali populer tak lepas dari masa karantina akibat covid19 yang akhirnya membuat orang yang bosan dirumah membuat suatu kerajinan untuk mengisi waktu mereka.

Motif ini cocok digunakan di musim panas karena terkesan santai dan trendi. Namun tak menutup kemungkinan jika kamu memakainya di musim lain karena dapat di padu padan dengan outif pelengkapmu seperti outer dan jaket.

Bagi kamu yang ingin membuat motif ini sendiri dirumah, siapkan alat berikut ini:

  1. kain/kaos yang ingin dijadikan motif Tie-dye. (gunakan yang polos)
  2. pewarna kain batik
  3. larutan HCI
  4. sabun
  5. beberapa buah ember dan air
  6. karet atau tali
Baca Juga:  Peringati Hari Dokter Nasional, Begini Sejarahnya

cara membuat:

  1. pertama, kamu siapkan kain yang akan diberi motif. tentukan terlebih dahulu pola yang akan kamu buat, lalu ikat dengan tali/karet dengan kencang.
  2. siapkan beberapa ember berisi air, ember pertama berisi air sabun, ember kedua berisi air pewarna kain batik (ember ini bisa lebih dari satu jika kamu menginginkan banyak warna), ember ketiga berisi air larutan HCI, dan ember terakhir berisi air bersih.
  3. setelah kain diikat-ikat, celupkan pada ember air sabun untuk menghilangkan kotoran pada kain kemudian peras, setelah itu celupkan pada air yang berisi pewarna kain batik sesuai keinginan,
  4. setelah diangi-anginkan, celupkan ke larutan HCI agar warnanya keluar
  5. step terakhir bilas dengan air bersih sampai air bilasannya tidak luntur
  6. ketika sudah bersih, buka semua ikatan dan anginkan hingga kering.

Bagaimana? tertarik untuk membuat motif baju yang kekinian ini??

Penulis: Jehan Erwita

Fotografer: Berbagai Sumber