Tip Mencegah Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran

62

Sobat Kovermagz yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan bus namun khawatir akan mabuk tak perlu risau. Mabuk dalam perjalanan memang memiliki gejalan yang bermacam-macam. Mulai dari mual, muntah, pusing, hingga berkeringat. Awasi ketika si kecil tiba-tiba menjadi pendiam dan terlihat pucat sebelum sakit.

Saat mabuk perjalanan menyerang, bisa-bisa trip yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi menyebalkan. Tapi Sobat Kovermagz tak perlu khawatir karena dengan langkah yang tepat sebenarnya sobat bisa menghindari atau setidaknya mengurangi gejala mabuk perjalanan lho!

Yuk simak beberapa tips yang dapat membantu sobat merasa lebih baik saat melakukan perjalanan dengan bus maupun mobil.

1. Atur posisi duduk

Langkah pertama agar kalian tidak mengalami mabuk perjalanan adalah dengan mengatur posisi duduk pada saat berada di dalam bus. Genhype harus menemukan keadaan duduk yang nyaman untuk menempuh perjalanan. Contoh posisi itu adalah berada dekat dengan jendela dan menghadap ke arah depan kendaraan atau searah dengan pergerakkan bus.

 

2. Jangan makan terlalu banyak & bawa aromaterapi

Kalian juga perlu menghindari makan terlalu banyak, sehingga membuat perut terasa kekenyangan sebelum bepergian. Konsumsi makanan yang berlebih dan guncangan dari kendaraan dapat menyebabkan mual dan pusing.

Selain itu, Anda bisa membawa aromaterapi atau minyak angin untuk mengatasi mabuk perjalanan karena dapat mengurangi rasa mual. Kalian bisa menghirup aromaterapi dengan wangi rempah, lavender, atau yang lainnya sesuai dengan selera.

 

3. Stop baca buku & main gawai pintar

Langkah lain yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika dalam perjalanan mudik adalah tidak membaca buku atau bermain gawai pintar agar tidak mengalami mabuk perjalanan. Kedua kegiatan itu bisa menjadi penyebab tidak selarasnya antara telinga dan mata.

Dengan begitu, kalian akan merasa mual atau pusing ketika mata fokus terhadap satu titik dan tubuh berupaya menyeimbangkan posisi akibat guncangan yang terjadi dalam perjalanan ke kampung halaman.

 

4. Bawa makanan ringan atau permen

Makanan ringan atau permen juga dapat menjadi solusi kalian untuk mengatasi mabuk perjalanan ketika mudik ke kampung halaman untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan. Konsumsi makanan ringan atau permen dapat meminimalkan terjadinya rasa pusing dan mual saat dalam perjalanan.

 

5. Minum obat mabuk perjalanan

Kalian dapat mengonsumsi obat mabuk perjalanan agar tidak mengalaminya pada saat melakukan perjalanan ke kampung halaman. Konsumsi obat ini bisa dilakukan sebelum atau setelah gejala muncul.

Dokter biasanya akan meresepkan domperidone, metolopramide, atau ondansetron untuk mencegah mabuk perjalanan. Namun, kalian perlu mengingat biasanya obat ini dapat membuat kantuk.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353