Tanda – Tanda Instagram Anda di Hack. Berikut Penjelasannya

201

Medan, Kovermagz – Instagram kini menjadi primadonanya di dalam dunia sosmed. Bagaimana tidak? Platform sosial media yang satu ini sudah di unduh lebih dari 70 juta pengguna android di seluruh dunia.

Mengetahui jumlah pengguna yang fantastis ini, tidak menutup kemungkinan juga bahwa Instagram sangat rentan untuk di-hack. Biasanya para hacker menggunakan software untuk hack instagram untuk mengambil alih akunmu.

Tujuan mereka bisa jadi hanya sekedar iseng atau malah dijadikan untuk perbuatan kriminal. Pastinya ada banyak kerugian yang bakal anda alami, apabila instagram anda berhasil di hack orang. Berikut, kenali tanda-tanda instagram anda akan kena hack oleh hacker:

1. Dapat Informasi dari Pihak Instagram

Biasanya, pihak dari Instagram akan langsung memberikan kabar melalui email apabila akunmu terdeteksi sedang di hack. Maka dari itu, jangan sesekali kamu abaikan notifikasi email dari Instagram. Siapa tahu itu sebuah peringatan bila ada hacker yang berupaya memaksa masuk ke akunmu

Notifikasi itu akan berbunyi “We noticed a login from a device you don’t usually use” yang artinya ada yang log in ke akunmu dengan menggunakan perangkat yang biasanya jarang kamu gunakan, biasanya mereka mencoba hack instagram password kamu.

Selain itu, tertera juga perangkatnya jenis apa, browser yang dipakai, lokasi, serta tanggal dan waktunya. Apabila itu bukan kamu, maka Instagram langsung merekomendasikan untuk mengganti password yang sudah tertera linknya di bawah, untuk melindungi akunmu.

2. Terjadi Perubahan Data yang Signifikan

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

Tiba-tiba, foto profil akun Instagrammu berubah menjadi foto lain (biasanya mengarah ke negatif), bio di profil berubah, dan ada postingan aneh yang padahal kamu tidak pernah mengunggahnya. Itu sudah pasti ulah dari hacker!

Bila sudah sampai begini, kamu harus berhati-hati dan sangat dianjurkan untuk segera mengganti password Instagrammu.

Tetapi, adapula kemungkinan lainnya, bisa jadi itu ulah temanmu yang iseng ketika ponsel kamu dititipkan ke mereka atau ditinggalkan. Mereka akan curi-curi kesempatan untuk bajak akun IG-mu.

3. Jumlah Following Bertambah

Pernahkah pertanyaan ini muncul dibenakmu? Nah, bisa jadi following yang bertambah itu akibat dari ulah si hacker itu. Hal itu bisa terjadi karena para hacker tahu kebanyakan Instagramers cenderung hanya memperhatikan jumlah followers saja.

Mereka biasanya iseng dengan mengandalkan keahliannya untuk memaksa akun lain untuk memfollow akun tertentu. Maka dari itu, kamu juga perlu mengecek jumlah followingnya ya.

4. Tidak bisa Log In

Jika sudah tidak bisa log in lagi, maka kamu harus pasrah dan ikhlaskan akun Instagrammu. Kemungkinan besar, hacker yang membajak akunmu itu sudah menggerogoti segala aspek di dalam akun Instagrammu, mulai dari mengganti password bahkan mengganti emailnya juga.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengganti password email serta segala akun sosial media yang kamu punya.

Jika kamu memiliki akun sosial media sudah sepatutnya untuk waspada dan berhati-hati. Jangan sampai akun milikmu di bajak oleh pihak yang berbahaya. Tidak hanya Instagram, hal ini juga berlaku pada sosial media lainnya.

Foto: istimewa