Suka Olahraga Bersepeda? Yuk Kenali Berbagai Jenis Sepeda

188

Medan, Kovermagz – Siapa disini yang suka berolahraga? Selain menyehatkan, olahraga dipercaya dapat membuat hormon bahagia terlepas ke dalam otak.

Di masa-masa sekarang, olahraga seperti dijadikan aktiftas penting agar badan tetap fit ditengah-tengah pandemi. Salah satu olahraga yang kian diminati saat ini adalah bersepeda.

Jika kamu tertarik dengan olahraga yang satu ini, yuk kenali apa saja jenis-jenis sepeda yang ada, berikut berikut penjelasannya:

1. Sepeda Gunung

Sepeda ini memang cocok digunakan di area pegunungan dengan medan yang cukup berat. Sepeda Gunung juga dikenal dengan Mountain Bike (MTB).

Sepeda ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1970 di sebuah arena perbukitan San Francisco.

Beberapa ciri sepeda gunung yang bisa kamu kenali adalah memiliki rangka yang terbuat dari pipa berukuran besar sehingga lebih kuat dan kokoh dibanding jenis sepeda lain, ukuran rodanya 26” dengan tapak ban yang cukup lebar, tapak bannya dikhususkan memiliki kemampuan mencengkeram tanah dan batu di daerah perbukitan, memiliki shock breaker pada roda, terakhir sepeda gunung memiliki 3 gear depan dan 10 gear belakang.

2. Sepeda Hybrid

Sepeda hybrid adalah perpaduan antara sepeda gunung dan sepeda balap yang sangat cocok digunakan di jalan raya. Bentuk rangka jenis sepeda ini mirip dengan sepeda gunung dan juga memiliki shock breaker pada roda depan.

Namun ukuran diameter pipa dan rodanya mirip dengan sepeda balap, yaitu 27”. Bentuk ban sepeda hybrid memiliki permukaan yang sedikit bertekstur dengan ukuran ban yang lebih lebar dari sepeda balap.

Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

3. Sepeda Balap

Sepeda balap, serupa dengan namanya, yaitu sepeda yang memang dikhususkan untuk race atau balapan. Sepeda ini umumnya memiliki berat yang sangat ringan dibanding jenis sepeda lain sehingga mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi di jalan raya.

Ia mampu menghasilkan kecepatan hingga 60 km/jam tanpa menggunakan shock breaker.
Untuk mengenali sepeda jenis ini sangat mudah, cukup melihat bagian setirnya. Umumnya setir sepeda balap berbentuk melengkung pada bagian ujungnya supaya para pengendara mampu merendahkan tubuhnya sehingga mencapai aerodinameter yang ideal.

4. Sepeda BMX

BMX adalah singkatan dari bicycle moto cross yang merupakan salah satu olahraga populer pada tahun 1960-an di California, Amerika Serikat. Sepeda jenis ini dapat digunakan untuk balapan dengan mengkombinasikan atraksi-atraksi ekstrem yang seru sekaligus menegangkan.

Olahraga sepeda BMX sendiri sangat populer di California dan saat ini juga mewabah di Indonesia.

5. Sepeda Lipat

Sepeda lipat adalah salah satu sepeda yang akan membuat kamu jatuh cinta saat pertama kali melihatnya. Mengapa demikian? Karena sepeda ini bisa dilipat sehingga cara penyimpanannya jauh lebih mudah.

Kamu bisa membawa sepeda lipat ini di dalam transportasi umum, apartemen hingga kantor. Sepeda jenis ini sangat cocok digunakan untuk rute pendek di jalan beraspal.

Video selengkapnya di https://youtu.be/Vxq9H5sIlg4

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Berbagai Sumber