Sinabung Erupsi, Akibatkan Hujan Abu Tanah Karo

65

Medan, Kovermagz – Sejak subuh (14/08/2020) gunung Sinabung sudah beberapa kali erupsi Sejak subuh tadi, dengan ketinggian kolom abu yang beragam. Mulai dari 1.000 meter hingga 2.100 meter di atas puncak gunung.

Kali ini, Sinabung juga memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian 1.500 meter di atas puncak gunung.

“Benar tadi erupsi lagi, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 68 mm dan durasi kurang lebih tiga menit 49 detik,” ujar Pengamat Gunung Sinabung Armen Putra.

Baca Juga:  RESMI ! PEMERINTAH PANGKAS 3 HARI CUTI BERSAMA AKHIR TAHUN

Dari pantauan Kovermagz, dampak dari erupsi gunung Sinabung ini mengakibatkan terjadinya hujan abu di Tanah Karo, seperti disekitaran Pusat kota Berastagi. Masyarakat sekitar terlihat bahu-membahu bergotong royong membersihkan abu dari badan jalanan, karena ditakutkan akan terjadi kecelakaan pada pengemudi jalanan.

“Jalanan disini sudah penuh abu, tadi beberapa kali ada pengemudi sepeda motor yang terjatuh akibat abu tebal di badan jalan, makanya kita udah pasang keranjang jeruk sebagai tanda agar pelan-pelan melintasi jalan yang dihujani abu tebal”, ucap Anto Sembiring, warga Berastagi.

Penulis & Fotografer : Vicky Siregar