Semakin Terdepan! China Berhasil Ciptakan Robot Pembuat Oksigen di Mars

139

Apa jadinya bila sebuah robot mampu membuat oksigen di Mars? Pastinya tentu tidak bisa dibayangkan bukan? Namun, hal ini tidak bagi sekelompok ilmuwan asal negeri tirai bambu.

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan asal China diketahui berhasil mengembangkan robot ahli kimia yang mampu membuat oksigen menggunakan batuan Mars. Ini membawa manusia selangkah lebih dekat dengan mimpi untuk tinggal di planet Mars.

Robot tersebut dirancang khusus untuk bisa menganalisis mineral yang ditemukan di meteorit Mars, menghasilkan bahan kimia yang dibutuhkan untuk membuat oksigen, dan melakukan eksperimen tanpa campur tangan manusia.

Perlu anda ketahui, mengirim pasokan oksigen ke Mars sangat mahal, sehingga kemampuan untuk membuatnya di planet tersebut dapat mengatasi hambatan besar dalam membangun peradaban baru di Mars pada masa depan.

“Kami telah mengembangkan sistem AI robotik yang memiliki otak kimia,” kata pemimpin studi Jun Jiang di Universitas Sains dan Teknologi China di Hefei, dikutip dari Business Insider, Kamis (20/11/2023).

Dalam menguji kemampuannya, para ilmuwan China semula menugaskan robot untuk membuat oksigen dari air. Namun ternyata robot hanya dapat menggunakan tanah Mars untuk mewujudkannya.

AI robot menganalisis komposisi meteorit Mars menggunakan laser berkekuatan tinggi dan mempelajari lebih dari 3,7 juta formula untuk mengetahui kombinasi elemen mana yang akan berfungsi sebagai katalis untuk menghasilkan oksigen.

Kemudian menguji lebih dari 200 katalis untuk menemukan katalis terbaik. Para ilmuwan mengatakan bahwa penelitian ini membutuhkan waktu sekitar 2.000 tahun bagi manusia untuk melaksanakannya.

Setelah katalis ditemukan, AI melakukan eksperimen pada meteorit Mars di laboratorium menggunakan lengan robot untuk menguji apakah teorinya benar. Hanya dalam waktu dua bulan, mereka mampu menciptakan katalis kimia untuk menciptakan oksigen.