Personel Super Junior Tampil Memukau dengan Batik Jawa Barat

49

Medan, KoverMagz – Personel Super Junior Leeteuk dan Yesung tengah mencuri perhatian penggemar di Indonesia. Keduanya baru saja mengunggah foto diri masing-masing mengenakan blazer dan kemeja batik modern hasil rancangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkolaborasi dengan Batik Komar.

Salah satu lead vocal mereka Yesung mengunggah pose dia dengan mengenakan dua helai pakaian batik pada akun instagram pribadinya @yesung1106. Yesung tampak mengenakan kemeja batik bernuansa hijau dan kuning motif Garuda Kujang Kencana yang dilengkapi dengan blazer bernuansa merah maroon. Ia memadukan gayanya itu dengan celana bahan maroon dan sepatu boots pendek.

“Apakah cocok untukku? Terima kasih kepada #RidwanKamil yang merancang batik ini.Terima kasih untuk Java Barat dan Indonesia. Aku cinta kamu @ #BatikJawaBarat #JabarJuara #SmilingWestJava,” tulis pemilik suara khas ini.

Batik itu ternyata hasil proses kreatif Rumah Batik Komar, Kota Bandung dan desain batik dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Kolaborasi itu dilakukan sudah dari jauh hari, tepatnya saat Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Tidak lupa Ridwan Kamil berpesan pada perempuan muda Indonesia kalau sekarang idola mereka sudah tampak lebih lokal dan terkesan mudah dijangkau.
“Buat gadis-gadis Indonesia, dengan ini mereka terlihat lebih melokal dan tentunya lebih terjangkau. Mari semangat jadikan batik Indonesia mendunia. Saya menggunakannya untuk diplomasi budaya,” tutupnya.

Pendiri Batik Komar Komarudin Kudiya mengatakan, sketsa dasar motif batik itu dilakukan langsung oleh Ridwan Kamil. Sementara Batik Komar dipercaya sebagai tim produksi.

“Sketsa dasar motifnya itu Pak Ridwan Kamil, motif Garuda Kujang Kencana, sejak beliau masih menjadi Walkot Bandung. Proses produksinya dipercayakan ke Batik Komar, terus diproduksi batik cap tulis kombinasi,” kata Komarudin.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

“Tapi kalau yang dipakai artis Korea itu diminta stok berbagai macam warna, kombinasi motifnya. Ide yang menggunakan artis Korea juga dari Pak RK (Ridwan Kamil) karena sebelumnya kami sempat komunikasi dengan Dekranasda kalau batik ini juga terkena imbas pandemi,” ujar Komar menambahkan.

Sementara rekan se-grupnya sekaligus leader dalma grup, Leeteuk, tampil mengenakan kemeja batik motif mega mendung dominan warna merah dan blazer biru. Agar serasi, ia memilih celana bahan biru.

“Menerima hadiah batik yang dirancang sendiri. Terima kasih Ridwan Kamil untuk desain batik ini. Terima kasih Jawa Barat dan Indonesia. Aku mencintaimu,” begitu keterangan foto Leeteuk di akun Instagram miliknya.

Dia mengatakan, kolaborasi itu dilakukan untuk meningkatkan minat kain wastra khas Jabar. “Targetnya Pak RK mengangkat wastra Jabarnya, berharap batik di Jabar juga terangkat, saya juga berharap seperti itu. Jadi gaung ini mudah-mudahan akan bisa mewarnai pasar batik Jabar,” kata Komar.

“Setelah ada ide meningkat batik Jabar dari artis Korea kami merasa gembira dan senang sekali bahwa ide Pak RK melalui tokoh-tokoh yang digandrungi anak-anak muda sekarang. Karena artis itu jadi trendsetter. Tapi ini karena basically-nya dari budaya Indonesia khususnya Jabar kami bangga sekali,” tuturnya.

Dia pun mengatakan, jika orang asing saja seperti Super Junior mau menggunakan batik maka tidak ada alasan bagi warga negara untuk malu melanjutkan dan menggunakan batik. “Mestinya kalau orang asing saja bangga, kenapa kita sebagai pewaris budaya malu menggunakan batik. Padahal batik kalau disentuh desainer akan lebih bagus,” imbuh Komar

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber