Mengenal Keunikan dan Manfaat Bunga Kecubung

72

Sobat KoverMagz, Pernahkah Anda mendengar mengenai Tumbuhan Kecubung? Mungkin bagi sebagian orang tanaman ini masih tampak asing. Umumnya, banyak yang percaya bahwa tanaman ini beracun. Namun, tahukah Anda bahwa hal itu tidak sepenuhnya benar.

Tumbuhan Kecubung memang memiliki kemampuan untuk menimbulkan efek samping seperti mabuk atau berhalusinasi. Sehingga tanaman ini sering dijadikan obat bius oleh masyarakat dan tenaga medis. Daun ini seringkali juga dianggap sebagai daun pengganggu. Namun, apabila diteliti lebih jauh lagi, daun kecubung memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita.

Semua kandungan di dalam daun kecubung tidak hanya berkhasiat, namun juga membantu tubuh lebih sehat dari dalam dan dari luar. Khasiat daun ini mampu menjadi obat konsumsi atau obat dalam dan juga obat luar untuk kulit. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila obat ini telah digunakan sebagai pengobatan alternatif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini banyak mengandung senyawa yang dibutuhkan tubuh yang mampu mengatasi berbagai macam gangguan yang akan  menyerang kesehatan tubuh. Selain itu masih ada beberapa fakta unik mengenai Tumbuhan Kecubung, Oleh karena itu simak 3 fakta menarik tentang Tumbuhan Kecubung !

1. Menghasilkan Efek Halusinasi

Diketahui bahwa tanaman ini terutama pada bunga dan buahnya dapat menyebabkan efek halusinasi, sehingga tumbuhan ini sering dijadikan sebagai obat bius. Efek yang ditimbulkan dari tanaman ini dapat berupa narkotik dan analgesic.

Diketahui analgesik merupakan obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit akibat operasi, cedera, radang sendi, kram menstruasi dan sakit gigi. Sedangkan apabila dalam dosis yang tidak terbatas tanaman ini akan mengarah ke narkotika. Hal tersebut dikarenakan pada buah kecubung termasuk dalam golongan tanaman opioid, layaknya seperti ganja.

Buah kecubung mengandung senyawa kimia yang menyebabkan efek pengeringan, sehingga dapat mempengaruhi otak dan jantung. Efek samping yang ditimbulkan dari buah dan bunga kecubung bila dikonsumsi dapat menyebabkan kebingungan, pupil membesar, kemerahan, demam, detak jantung cepat, kesulitan bernafas, halusinasi, kejang-kejang, koma, hingga kematian. Oleh karena itu penggunaan Tumbuhan Kecubung harus sangat hati-hati dan terbatas.

Baca Juga:  Ini 9 Manfaat Asuransi Syariah Yang harus Diketahu!

2. Mengandung Senyawa Toksin

Tumbuhan Kecubung memiliki kandungan alkaloid yang merupakan substansi toksis yang bekerja pada susunan saraf pusat. Selain itu kecubung juga mengandung zat lemak, meteloidina, hiosin, skopolamin dan nikotina.

Senyawa tersebut menyebar hampir di seluruh bagian Tumbuhan Kecubung dengan kadar yang berbeda-beda. Alkaloid di bagian akar dan biji sekitar 0,4 – 0,9%, sedangkan daun dan bunganya mengandung alkaloid sebesar 0,2 – 0,3%. Dari sekian jenis warna bunga kecubung, ternyata kecubung berbunga putih dianggap paling beracun dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Bermanfaat Bagi Kesehatan

Daun kecubung mampu berguna sebagai obat luar untuk mengatasi bisul. Daun ini dipercaya mampu mempercepat pematangan bisul dan membuat Anda sembuh lebih cepat sehingga bisul ini tidak menyerang Anda kembali. Sebab, bisul yang menyerang kembali kerap kali merusak jaringan kulit.

Daun kecubung juga sangat bermanfaat bagi penderita asma karena mampu mencegah asma yang diderita seseorang kembali kambuh. Daun ini bukan saja merupakan obat penghilang asma, namun juga membantu meredakan asma. Caranya adalah sangat mudah, yaitu dengan mengiris halus daun kecubung, kemudian dihisap seperti menghisap rokok. Bau yang dihasilkan daun kecubung akan membantu pernafasan menjadi lega.

Daun ini bahkan mampu meningkatkan kerja pencernaan Anda, salah satunya adalah dengan mengatasi sembelit yang mungkin menyerang. Daun ini bermanfaat untuk membuat sembelit Anda sembuh dengan alami.

Apabila Anda seringkali mengalami pegal linu atau encok, maka daun kecubung mampu menjadi alternatif untuk mengatasi pegal linu atau encok yang Anda alami. Daun ini merupakan salah satu obat herbal yang akan membuat pegal Anda terasa reda sehingga tidak mengganggu aktivitas harian Anda. Pengurutan badan juga mampu berfungsi sebagai obat pegal linu. Manfaat badan diurut yaitu mampu menghilangkan capek di sekujur tubuh.