Mengenal 5 Jenis Durian Populer di Indonesia

98

Musim durian menjadi salah satu hal yang banyak dinantikan oleh para pecintanya. Keunikan dan kelezatan rasanya menjadikan buah berduri ini pilihan utama untuk dinikmati bersama keluarga, orang terkasih, atau teman-teman. Tak jarang, mereka bahkan bersedia melakukan perjalanan khusus untuk menikmatinya.

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, kondisi wilayah Indonesia membuat musim panen durian tidak serentak, sehingga menjadikan musim panen buah yang memiliki aroma sangat kuat itu cenderung berurutan hampir sepanjang tahun.

Ada begitu banyak jenis durian di Indonesia dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Di antaranya, ada beberapa jenis durian terenak dan populer di Indonesia. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

 

1. Durian Medan

Sobat Kovermagz yang berencana datang ke Medan, Sumatra Utara, salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan adalah durian medan yang memiliki cita rasa begitu menggoda. Daging buah yang begitu lembut dan rasanya yang manis membuatnya menjadi buruan banyak wisatawan dari dalam negeri.

Di kota ini, ada banyak penjaja durian medan yang akan memuaskan kalian dalam menikmat buah berduri dengan aroma yang sangat kuat itu.

2. Durian Bawor

Durian Bawor adalah jenis buah durian lain yang populer dan kerap menjadi buruan masyarakat di dalam negeri untuk dinikmati. Berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, jenis durian ini memiliki daging buah tebal, berwarna oranye, rasa manis, dan biji yang kecil.

Karakteristik buah itu membuat para pencinta durian di dalam negeri kerap memburunya untuk memperoleh kenikmatan dari durian bawor. Rasanya yang manis dan sedikit pahit menjadikan penikmatnya ketagihan.

 

3. Durian Petruk

Durian Petruk menjadi salah satu jenis populer lainnya di Indonesia. Berasal dari Jepara, Jawa Tengah, Petruk memiliki rasa yang manis dengan aroma durian yang khas dan kuat.

Jenis durian ini memiliki karakteristik daging buah berwarna kuning dan agak tebal. Namun, teksturnya terasa sedikit lembek dan berserat. Meskipun begitu, daging buah durian petruk begitu halus.

 

4. Durian Montong

Setiap pencinta durian pasti kenal dengan jenis montong. Durian yang satu ini begitu terkenal lantaran memiliki daging yang besar dan tebal serta biji yang kecil.  Tidak hanya itu, daging durian montong yang begitu manis juga menjadikan buah yang satu ini kerap menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Meski dikenal sebagai primadona dari Thailand, bibit durian montong ternyata berasal dari Indonesia. Melansir Good News From Indonesia, bibit durian montong berasal dari varietas durian sukun yang diambil di Matasih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bibit ini kemudian dikembangkan di Thailand dan berhasil menjadi varietas Durian Montong yang unggul.

 

5. Durian Merah

Berbeda dengan durian pada umumnya, durian merah yang banyak ditemukan di Banyuwangi, Jawa Timur memiliki daging berwarna merah dan menjadi salah satu jenis durian populer lainnya di Indonesia. Daging buah durian merah lebih tebal dan manis jika dibandingkan dengan banyak durian pada umumnya. Selain itu, biji jenis durian ini juga lebih kecil daripada durian umumnya. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dengan aroma buah yang lebih menyengat.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kovermag/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353