Mengatur Jadwal Jam Tidur Dengan Baik Ternyata Mampu Turunkan Berat Badan

54

Medan, Kovermagz – Untuk kamu yang mungkin sudah merasa lelah mencoba berbagai macam cara untuk menurunkan bedan badan mulai dari diet, olahraga, hingga menjaga makanan, mungkin kamu bisa coba trik yang satu ini.

Jam tidur mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting. Namun ternyata, mengatur jam tidur dengan baik dapat sedikit menurukan kelebihan berat badanmu loh.

Dikutip dari laman Kompas.com, Menurut laporan Brigham Young University, orang yang mempunyai jadwal tidur konsisten cenderung lebih mudah menurunkan berat badan mereka dibandingkan dengan yang tidak. Jadwal tidur yang konsisten maksudnya adalah tidur dan bangun di waktu yang sudah ditentukan.

Secara tidak sadar ketika kita tidur lebih awal, kalori yang kita konsumsi juga ikut lebih sedikit karena tertidur.

Baca Juga:  India at the Centre of Fight Against COVID-19

Ilmuwan melakukan percobaan kepada para peserta untuk mengurangi waktu makan mereka dan menambah waktu tidur mereka.

Setelah percobaan dilakukan selama 16 minggu, peserta kehilangan rata-rata 3,5 persen dari kelebihan berat badan mereka hanya dengan tidur lebih awal.

Waktu tidur kurang dari delapan jam bisa menghambat proses penurunan berat badan kita, menurut studi yang dilakukan oleh Annals of Internal Medicine.

Studi itu mencatat, kurang tidur dapat memperlambat penurunan berat badan karena membuat seseorang kelaparan. Partisipan yang tidur hanya 5,5 jam mengalami penurunan lemak lebih sedikit dan kehilangan lebih banyak massa tubuh dibandingkan mereka yang tidur 8,5 jam.

Ini menandakan, beberapa perubahan sederhana pada rutinitas harian kita bisa melancarkan proses penurunan berat badan.