Masker Scuba Dinilai Tak Efektif Cegah Covid, Peminat Berkurang Drastis

164

Medan, Kovermagz – Siapa yang tidak tahu masker yang satu ini. Masker scuba marak dijual dimana-mana, dan pasti sangat sering kita temui dipinggiran jalan.

Masker ini dinilai mudah digunakan, lentur, dan mengikuti wajah. Banyak juga yang mengatakan masker scuba lebih nyaman digunakan saat dipakai.

Nyatanya, masker yang dinilai nyaman ini ternyata sangat kecil kemungkinannya untuk menahan droplet. Masker scuba memiliki bahan yang sangat tipis dan hanya punya satu lapisan kain saja.

Salah satu penjual masker scuba mengatakan bahwa peminat masker ini juga mulai berkurang akhir-akhir ini.

“Masker scuba udah gak kayak dulu awal-awal dijual peminatnya, kalau dulu orang-orang seneng pake masker ini karena warna-warni, motifnya banyak, harga juga murah,” ucap Andhi, salah satu penjual masker scuba saat ditemui Kovermagz, Selasa (22/09/2020).

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Sejak beredar pemberitaan bahwa masker yang aman digunakan adalah masker yang sesuai rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO) yaitu masker bedah, masker kain tiga lapis, dan masker N95.

Masyarakat kini lebih sadar dan lebih memilih untuk memakai masker yang aman untuk digunakan. Akibatnya pun sangat berdampak pada penjual-penjual masker scuba.

“Saya sekarang juga banyak jual masker kain, jadi konsumen bisa milih mau yang mana, kalo masker kain memang harga juga beda, kalau masker scuba kan satunya cuma lima ribu, tapi masker kain sepuluh sampai lima belas ribu,” tutup Andhi.

Reporter & Fotografer: Jehan Erwita