Mengapa Es Krim Dapat Mengubah Mood Seseorang?

223

Siapa yang tidak menyukai es krim? Camilan yang manis dan dingin ini ternyata dapat menghasilkan serangkaian respon fisik dan emosional pada seseorang lo.

Beberapa penelitian mengatakan, mood dapat dengan sendirinya meningkat dengan atau tanpa makanan.

Dapat dikatakan bahwa es krim dapat berperan sebagai pereda emosi seseorang

Saat kita menkonsumi apa yang kita sukai, misalnya es krim, bagian otak tertentu akan merespon emosi positif yamg baik.

Dikutip dari livestrong, ada 3 alasan mengapa es krim dapat meningkatkan mood:

1. Tubuh jadi berenergi

Di dalam eskrim terkandung protein yang terdiri dari asam amino. Asam amino yang kita dapatkan ketika memakan es krim dapat mempengaruhi suasana hati. Kemudian eskrim juga dapat meningkatkan kadar tirosin di otak.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Tirosin adalah neutrotransmitter yang dapat meningkatkan kadar dopamin dan reaksi yang dihasilkan adalah rasa lebih berenergi.

2. Memiliki efek menenangkan

Asam amino dalam produk susu yang mengarah ke suasana hati yang tenang dapat meningkatkan produksi serotonin dan hal ini diketahui dalam membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidur lebih baik.

3. Memperbaiki suasana hati

Dikutip dari situs Newsweek, membutikan jika mengkonsumsi makanan dingin seperti es sesaat setelah terbangun dapat memberika stimulus pada otak menjadi lebih aktif, meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas mental seseorang.

Idealnya, kamu sapat mengkonsumsi es krim dalam porsi setengah cup atau dengan ukuran separuh bola baseball, dan konsumsi dalam frekuensi yang wajar.

Penulis: Jehan Erwita

Fotografer: Berbagai Sumber