Menerapkan Tujuan Finansial Anda Sedari Dini

86

 

Finansial adalah istilah yang berhubungan dengan urusan keuangan. Saat membahas finansial pasti tidak bisa lepas dari ekonomi. Finansial merupakan salah satu bidang dalam ekonomi yang berfokus pada keuangan.

Ditinjau dari sudut pandang ilmu keuangan, membicarakan finansial berarti kamu akan membahas bagaimana mempelajari kondisi keuangan individu, bisnis, atau organisasi. Mulai dari mengelola, meningkatkan, memberdayakan sumber dana, mengalokasi dana sesuai pos, hingga membuat perhitungan risiko dan prospek di masa depan.

Finansial juga dapat dipandang dari aspek administrasi. Dalam konteks ini, finansial adalah bagaimana mengatur uang masuk dan keluar dalam suatu usaha atau lembaga. Maka, kamu akan menemukan istilah manajemen finansial, yaitu serangkaian aktivitas perusahaan, diawali dengan cara mendapatkan dana, menggunakan dana, dan mengelola keuangan perusahaan secara menyeluruh.

Suatu kondisi finansial dikatakan baik jika ada sistem manajemen yang teratur dan bisa dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak terkait. Segala aspek terkait manajemennya berjalan optimal, sehingga kebebasan finansial dapat tercapai. Kebebasan finansial berarti individu, bisnis, atau organisasi terbebas dari utang, mempunyai sumber penghasilan tetap, dan cadangan yang dapat dipakai untuk kebutuhan tidak terduga.

Nah’ saat ini manajemen keuangan pribadi telah menjadi topik yang sangat populer. Setiap orang wajib mengatur keuangan untuk menghadapi ketidakpastian pandemi. Situasinya menjadi sangat menantang dari sudut pandang ekonomi, namun berkat hal tersebut, semakin banyak orang yang berupaya mencari solusi bagi perekonomiannya saat ini dan masa depan.

Berikut beberapa tujuan keuangan yang perlu Anda pertimbangkan untuk mengatur kondisi keuangan yang lebih baik.

  1. Menambah Sumber Pendapatan, pertimbangkan untuk menambah sumber penghasilan guna menghindari risiko dalam keuangan. Anda tidak perlu memiliki pekerjaan lain, melainkan soroti bakat dan keterampilan yang dapat menghasilkan pendapatan, seperti misalnya: menjual produk atau layanan jasa,  pengalaman dan pengetahuan Anda tentang suatu subjek, konsultasi, dan lain lain.
  2. Pantau Pengeluaran Anda, di tahun ini Anda perlu memantau pengeluaran yang seringkali luput dari pencatatan bulanan untuk setiap sen yang masuk dan keluar. Pengeluaran tidak perlu, sedikit demi sedikit tetap dapat mempengaruhi keuangan Anda. Air mineral botolan, kopi dari waralaba seharga makan siang, dan biaya wisata dapat berdampak serius pada dompet Anda, oleh karena itu, salah satu tujuan Anda untuk tahun 2021 ini adalah pengurangan atau penghapusan jenis arus keluar moneter ini.
  3. Bayar Semua Tagihan Maupun Utang Anda, harus membayar semua utang Anda termasuk pinjaman mahasiswa, kartu kredit dan setiap utang auti debit. Karena semua pembayaran utang ini ada bunga yang harus dibayar, dan beberapa bunganya yang sangat tinggi. Fokus pada melunasi hutang Anda karena cicilan dan bunga akan terus menyedot uang. Maka tuntaskan pembayaran sampai utang benar-benar lunas. Melunasi utang dengan bunga tinggi maka Anda dapat menyimpan uang lebih mudah.
  4. Bijak Berinvestasi, investasi adalah cara yang berguna untuk meningkatkan tabungan Anda, tetapi pastikan Anda berinvestasi secara bijak. Carilah bimbingan dari para profesional terlatih, dan mintalah bimbingan setiap kali membuat keputusan investasi. Cobalah untuk mencatat investasi, karena akan membantu dalam membuat keputusan keuangan Anda sendiri di masa depan.
  5. Lindungi Aset Yang Penting, Ketika Anda melewati situasi keuangan yang rumit, hal yang paling berisiko adalah kehilangan apa harta paling penting bagi Anda, dengan kata lain, aset Anda, mulai dari hidup, rumah, kesehatan, mobil; bagaimana Anda melakukannya? Melalui asuransi, temukan cara untuk mendapatkan alternatif yang tepat, cari penasihat yang sesuai, perusahaan andal yang menyediakan dukungan yang diperlukan.
  6. Rencanakan Karir Yang Lebih Menjamin, Kemungkinan Anda sudah memiliki rencana untuk memajukan karir anda. Anda dan mendapatkan lebih banyak uang, tetapi menulis rencana karir  dapat membantu Anda untuk memperkuat rencana itu, serta memotivasi Anda untuk bekerja keras mencapainya. Cobalah untuk menetapkan batas waktu untuk mencapai tujuan karir Anda, karena dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa hal tersebut berjalan sesuai jalur.
  7. Buat Perencanaan Keuangan Bulanan, menyimpan dan melunasi utang jauh lebih mudah ketika Anda memiliki rencana anggaran tiap bulan. Saat sedang free dan tak sibuk, Anda bisa mulai menuliskan semua penghasilan Kamu dan biaya yang perlu Anda keluarkan dalam satu bulan. Sisihkan uang untuk sewa, tagihan, makanan, hiburan, membayar utang dan tabungan. Jika Anda memiliki sejumlah uang untuk dibelanjakan, maka ubahlah rencana keuangan Anda dengan menyimpan uang itu.
Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Hal di atas coba pelan-pelan kamu terapkan agar di usia dini ini kamu mandiri secara finansial. Karena kemandirian finansial tentunya akan lebih mudah bagimu mengambil keputusan masa depan.

Penulis: Annette Thresia Ginting

Sumber : Berbagai Sumber