Menari, Salah Satu Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

69

Medan, Kovermagz – Dewasa ini, ada banyak sekali cara dalam mengekspresikan diri untuk meningkatkan rasa percaya diri.  Salah satu caranya mungkin adalah dengan menari.

Jenis tarian apapun sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengekspreksikan diri melalui gerakan-gerakan tarian. Menari juga jelas sangat baik kesehatan raga dan jiwa.

Lantas, mengapa menari dapat meningkatkan kepercayaan diri? Unsur-unsur didalam tarian yang terkandung dimulai dari Raga, Irama, dan Rasa, adalah hal yang membuat menari dapat tingkatkan kepercayaan diri seseorang.

Diluar dari meningkatkan kepercayaan diri, terdapat segudang manfaat lain dari menari, berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam menari kita didorong untuk menghafal dan mengingat setiap gerakan maupun posisi dan formasi yang sudah tersusun rapi yang diberikan oleh guru tari/instruktur maupun karya ciptaan sendiri.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kebanyakan kegiatan menari dimulai sejak anak anak. Bukan tanpa alasan, dikarenakan disaat di usia belialah kemampuan motorik anak mulai terlatih. Selain berhubungan dengan daya ingat, juga dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka melalui kekreatifitasannya yang muncul saat menggerakkan sesuatu. Tak lupa juga ekspresi anak akan terlihat saat mereka menari. Kepercayaan diri mereka dapat terlihat dari ekspresi wajahnya.

3. Melatih Keseimbangan

Sama halnya seperti olahraga, menari juga merupakan cara olah tubuh untuk mempertahankan keseimbangan daripada bobot berat badan. Dalam arti kita harus tahu menempatkan kedua sisi tubuh kita agar tetap seimbang sesuai dengan poros dan derajatnya.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Tingkat kelenturan tubuh pada setiap orang pasti berbeda beda. Dengan menari kita bisa tahu jangkaun gerak olah tubuh kita sampai dimana karena menari dapat menguji kekakuan otot otot

5. Menghilangkan Stres

Seperti yang kita ketahui mendengar musik dapat membuat hati dan pikiran lebih rileks. Begitu juga halnya dengan menari. Menari dan musik adalah suatu paket yang tidak bisa dipisahkan. Dengan menggerakkan tubuh mengikuti alunan musik otomatis zat endorphin yang ada dalam tubuh semakin meningkat karena terpacu oleh adrenalin yang memicu untuk terus mengekspresikan perasaan yang ada melalui setiap gerakan hingga mencapai kepuasan.

Baca Juga:  Resmi Tayang 4 Desember di Indonesia, Ini Sinopsis Singkat Film Disney: Mulan

6. Meningkatkan Energi

Dalam setiap gerakan olah tubuh maupun olah raga sudah pasti menimbulkan energi. Hanya saja dalam menari darah mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh karena setiap anggota badan ikut bergerak. Hal ini akan membuat anda lebih terlihat lincah dan energik

7. Menurunkan Berat Badan

Tidak dapat dipungkiri jika rutin melakuka latian menari akan membentuk berat badan yang ideal walau sebenarnya tujuan fokus utamanya bukanlah itu. Tetapi dengan menari otomatis seluruh bagian tubuh ikut bergerak dan porsi setiap anggota tubuh dalam melakukan gerakan adalah sama. Tidak heran jika anda melihat para penari profesional bentuk tubuh mereka jauh lebih proporsional dibandingkan atlit olahraga pada umumnya. Selain karena alasan di atas hal tersebut juga disebabkan oleh pemanasan yang dilakukan oleh para penari pada umumnya sedikit lebih berbeda dari atlit olah raga kebanyakan dimana pemanasannya berfokus pada otot perut, otot lengan, otot paha dan keseimbangan.

Menari tidak mengenal umur, menari tidak mengenal gender. Menari bisa dilakukan oleh siapa saja karena menari dalam waktu 30 menit saja dapat membakar kalori sebanyak 150-250 kkl. Anda dapat mengikuti kursus menari secara langsung bersama instruktur tari yang ada di daerah anda tinggal atau bagi anda yang tidak memiliki waktu yang cukup, belajar menari melalui sistem daring merupakan pilihan yang tepat.

Penulis: Annette Thresia Ginting

Fotografer: Dok.Pribadi