Malam Budaya India: Tingkatkan Kerja Sama Indonesia dan India

175

Penulis: Nursari Indah Manullang
Fotografer: M. Fitra Afriansyah
Medan,kovermagz.com | Perkumpulan Masyarakat Indonesia India (PMII) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal India di Medan, Pemerintah Kota Medan, dan Pusat Kebudayaan India Jawaharlal Nehru Jakarta menghadirkan “Malam Budaya India”. Acara telah diselenggarakan pada hari Minggu (22/12) bertempat di Wisma Mariamman yang turut dihadiri oleh Konsulat Jenderal India di Medan yaitu Dr. Shalia Shah, Konsulat Jenderal Malaysia, Singapura, Cina, dan Timor Leste di Medan, Kasat Sabhara dari Polrestabes Medan, serta Pemerintah Kota Medan, Dinas Pariwisata Kota Medan dan tentunya masyarakat India yang berdomisili di Medan.
Acara “Malam Budaya India” yang berlangsung dengan meriah tersebut menampilkan Sapphirescope by Sapphire Creations Dance Company, PEMKO Multi Etnic Dance Group, Little India Dance Group, Monica and Dilip Kumar, IEAM Dance Group, Manik Paul, Winner of India’s Got Talent-6.
Sapphirescope by Sapphire Creations Dance Company merupakan penampilan yang ditunggu-tunggu oleh audience yang hadir dalam acara tersebut. Sapphire Creations Dance Company merupakan grup tari cukup terkenal karena telah tampil pada berbagai event internasional dan di berbagai negara.


S

elama 70 menit Sapphire Creations Dance Company menghibur para penonton dengan tarian-tarian yang memukau. Penampilan dari Sapphire Creations Dance Company sendiri terdiri dari tiga bagian penting, bagian pertama mengenai budaya yang mana memperkenalkan sejarah kebudayaan yang sama dari kedua negara yaitu India dan Indonesia untuk menemukan identitas melalui bahasa, extravaganza visual yang putih dan emas, bagian kedua terdapat percakapan kemudian bagian ketiga adalah perayaan.
Dalam kata sambutan, Consul General India, Dr. Shalia Shah menyampaikan tujuan dari kegiatan “Malam Budaya India” tersebut yakni selain memberikan hiburan seni bagi masyarakat kota Medan juga untuk memperkenalkan seni budaya India kepada masyarakat Sumatera Utara dan khususnya masyarakat kota Medan.
“Saya berharap dengan adanya acara ini hubungan antara Indonesia India dan masyarakat Medan akan semakin meningkat terutama setelah ditetapkannya kawasan Jalan Zainul Arifin sebagai Little India, kawasan Little India semakin memantapkan kota Medan sebagai kota multicultural,” ucapnya.
Ia menambahkan, pada tahun 2019 akan memperingati 70 tahun hubungan India dan Indonesia. Peringatan tersebut sangat penting untuk menunjukkan bahwa India dan Indonesia selalu menjadi kawan seiring sejalan dan saudara dalam perjuangan.


P

ada kesempatan yang sama, Agus Suriyono selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan menuturkan bahwa persahabatan Indonesia dengan India sama halnya membahas tentang dua pertemanan antara dua sahabat baik yang telah terjalin begitu harmonis, kedua negara memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang dan kebudayaan yang hampir sama. Sejarah juga mencatat dahulu sekitar 660 tentara muslim India yang begabung dalam angkatan darat Inggris melakukan desersi dan mempertaruhkan nyawa guna bergabung bersama tentara Indonesia membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia.
“Banyaknya kemiripan kedua negara membuat masyarakat mudah bergabung dalam pergaulan sehari-hari, banyak kuliner Indonesia yang dipengaruhi oleh kuliner India, banyak pula Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa India,” pungkasnya.
Agus menjelaskan bahwa acara “Malam Budaya India” merupakan salah satu cara untuk menjalin budaya leluhur yang telah menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Terlebih kegiatan ini diisi oleh penampilan Sapphire Creations Dance Company dan Manik Paul Winner of India’s Got Talent-6. Sehingga kegiatan “Malam Budaya India” ini memiliki tujuan menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia sambil merangkul budaya etnis lain yang turut memperkaya khazanah budaya Indonesia termasuk juga budaya yang telah lama di Indonesia tanpa memandang suku, ras dan agama maupun partai. Agus juga mengajak masyarakat Medan saling membantu mewujudkan bangsa yang satu, negara Republik Indonesia.