Makna Dibalik Merah Putih Bendera Indonesia

300

Setiap negara pasti memiliki bendera masing-masing yang memiliki makna mendalam tersendiri. Termasuk Indonesia dengan bendera merah putih. Bendera yang disebut sebagai Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih, Sang Merah Putih, Merah Putih, serta Sang Dwi Warna ini ternyata sudah pernah digunakan sejak zaman kerajaan.

Encyclopedia Britannica (2015) menulis, bendera merah putih digunakan Kerajaan Majapahit sebagai lambang kebesarannya. Bahkan, sebelumnya Kerajaan Kediri sudah menggunakan kedua warna ini sebagai panji kerajaannya. Lantas, apa makna dari merah putih pada bendera Indonesia?

Dilansir dari berbagai sumber, bendera merah putih yang resmi menjadi bendera Indonesia merupakan lambang tubuh manusia yang ditunjukkan dengan warna merah. Juga menyiratkan lambang jiwa manusia dan kesucian yang diwakilkan dengan warna putih.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Bendera merah putih kemudian ditetapkan sebagai simbol negara dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lembaga Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kamu pasti sering kali melihat bendera merah putih dalam beragam ukuran. Ternyata, bendera Indonesia ini secara resmi sudah ditetapkan ukurannya loh melalui Pasal 4 ayat (3). Pasal tersebut menyebutkan kalau ukuran penggunaan di lapangan Istana Kepresidenan 200 x 300 sentimeter.

Bendera Merah Putih ini ternyata bukan hanya dimiliki oleh negara Indonesia tercinta saja, Monako juga memiliki bendera merah putih, namunbendera Indonesia dan Monako tetap memiliki perbedaan. Bendera Indonesia memiliki perbandingan lebar dan panjang 2:3, sementara bendera Monako 4:5.