Konsulat AS untuk Sumatera Rayakan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke-243

129

Penulis & Fotografer: Frengki Hermanto Marbun

Medan | Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia , Joseph R Bonovan Jr  dan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Juha Salin menyelenggarakan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke 243, serta 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia – AS di Hotel  JW Marriot Medan, (20/06/2019). Lebih dari 400 undangan hadir dalam resepsi tersebut.

Dalam acara itu, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Staf Ahli Gubernur, Sumatera Utara, Agus juga ikut menghadiri acara tersebut.

Selama acara berlangsung, pejabat Konsulat dan perwakilan dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta menyapa undangan di beberapa titik interaktif untuk menawarkan informasi mengenai pendidikan dan pertukaran pemuda, beberapa program-program USAID di Sumatera dan cara mendapatkan Visa AS.

Menurut Juha Salin, ia mengatakan bahwa Sumatera terkhusus Kota Medan telah menjadi bagian dirinya dan sangat kagum terhadap Indonesia.

“Saya sangat bangga dengan Indonesia, terutama di Sumatera, Medan ini. Saya sudah menganggap menjadi bagian dari Medan. Saya akan selalu menjadi bagian dari Medan, di mana pun saya berada nantinya,” ucapnya disambut tepuk tangan penonton.

Selama tiga tahun di Indonesia , Dubes Donovan melihat berbagai contoh kemajuan bersama yang telah dicapai  Amerika Serikat dan Indonesia berkat kemitraan yang telah terjalin sejak tujuh puluh tahun yang lalu . Menegaskan arti penting Sumatera dalam hubungan bilateral kedua negara, pada bulan ramadan yang lalu, Duta Besar Donovan mengunjugi  Sumatera Barat untuk melakukakan safari ramadan di Kota Padang, Bukit Tinggi dan Padang Panjang. Dalam kunjungan tersebut beliau berkesempatan untuk bertukar pikiran mengenai berbagai tradisi ramadan dengan para ulama, cendikian muslim, pejabat  setempat, guru dan para siswa. Ia juga menyempatkan untuk mengunjungi dua pesantren tertua di Indonesia diikuti dengan buka  puasa bersama dengan para santri.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Dalam kunjungan kali ini Duta Besar Donovan berkesempatan untuk bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajeksyah dan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin untuk menjajaki kerjasama di bidang ekonomi, infrastruktur, lingkungan, dan pendidikan, yang kemudian ia juga berterimakasih atas dukungan yang telah diberikan selama ini kepada konsulat AS untuk Sumatera, khususnya di Medan.

Donovan juga menyinggung bahwa kerjasa di bidang pendidikan antara AS-Indonesia akan tersu diteruskan dan dikembangkan.

“AS-Indonesia akan terus bekerjasama di bidang pendidikan, yaitu melalui beasiswa yang terus dilaksanakan. Kita terus membahasnya, untuk para pelajar yang di Sumatera Utara yang ingin melanjutkan studi kami selalu menfasilitasi dengan beasiswa LPDD. Dalam rangka memperingati hubungan AS-Indonesia akan selalu menyediakan beasiswa terutama di Sumatera Utara

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia – AS menitikberatkan kepada keberagaman dan kematangan demokrasi pada kedua negara dan upaya untuk menciptakan kemakmuran bersama di masa depan bagi generasi berikutnya.