Konsulat Jenderal India Rayakan Hari Kemerdekaan India ke-74

152

Konsulat Jenderal India di Medan menyelenggarakan perayaan HUT ke-74 India bertempat di Kompleks Konsulat Jenderal India di Medan pada 15 Agustus 2020.

Mengingat pembatasan yang diberlakukan akibat Pandemi Covid-19, acara tersebut sengaja dilaksanakan dengan berskala kecil, dengan partisipasi 30 undangan khusus.

Acara tersebut diselenggarakan secara ketat dengan memperhatikan pembatasan Covid-19 yang diberlakukan oleh Pemerintah Sumatera Utara.

Mengawali perayaan, Konsul Jenderal Raghu Gururaj mengibarkan Bendera India yang dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan India.

Ia juga memaparkan langkah-langkah baru yang diambil oleh Pemerintah India untuk merevitalisasi ekonomi India dalam menghadapi pandemi, terutama di sektor infrastruktur, konstruksi, IT, teknologi digital, farmasi dan pertanian tertentu.

Konsul Jenderal berbicara tentang layanan yang diberikan oleh petugas kesehatan India selama Covid-19.

Mengutip dari pidato Presiden India, ia menyatakan bahwa bangsa India berhutang budi kepada para dokter, perawat dan petugas kesehatan lainnya yang terus-menerus berada di garis depan dalam perjuangan melawan virus ini.

Sayangnya, banyak dari mereka yang kehilangan nyawa karena berjuang melawan virus ini.

“Mereka adalah pahlawan nasional kita. Semua Pejuang Corona pantas mendapatkan pujian yang tinggi. Mereka melampaui panggilan tugas untuk menyelamatkan nyawa dan memastikan layanan penting. Para dokter, petugas kesehatan, anggota Tim Penanggulangan Bencana, personel polisi, petugas sanitasi, staf pengiriman, transportasi, kereta api dan personel penerbangan, penyedia berbagai layanan, pegawai pemerintah, organisasi layanan sosial, dan warga yang dermawan telah membuat naskah kisah-kisah inspiratif tentang keberanian dan layanan tanpa pamrih,” paparnya.

Konsul Jenderal menyoroti inisiatif yang diambil oleh Pemerintah India yaitu “Atmanirbhar Bharat Abhiyaan” (India yang Mandiri), yang bertujuan untuk menggabungkan produksi dan konsumsi dalam negeri dengan rantai pasokan global.

Dia menyatakan bahwa dengan ide kemandirian atau Atmanirbhar, India tidak mencari pengaturan yang berpusat pada diri sendiri atau membalikkan negara ke dalam.

Seruan untuk Atmanirbhar bukanlah tentang kembali ke isolasionisme ekonomi. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan posisi India sebagai peserta utama dalam rantai pasokan global.

Baca Juga:  PESAWAT CN-235 BUATAN RI YANG LAKU BERAT DIBELI NEGARA-NEGARA LAIN

Dia juga menyebutkan tentang skema stimulus $ 300 miliar yang secara langsung ditujukan untuk memberdayakan bagian masyarakat India yang rentan untuk memastikan perlindungan dan pertumbuhan sosial yang inklusif.

Visi Atmanirbhar Bharat, seperti yang dikatakan oleh Perdana Menteri, akan berdiri di atas lima pilar. Lima pilar itu diantaranya ekonomi, infrastruktur, Sistem India digerakkan oleh teknologi, demografi dan permintaan.

Peringatan HUT ke-74 India, Konjen India Bicara Kebijakan NEP

Konsul Jenderal juga berbicara tentang Kebijakan Pendidikan Baru (NEP) yang diperkenalkan oleh Pemerintah India baru-baru ini, yang mengusulkan untuk memperkenalkan reformasi radikal dalam sistem saat ini, untuk memungkinkannya beradaptasi dengan perubahan pasar kerja, persyaratan keterampilan dan juga membuatnya lebih inklusif untuk memasukkan semua lapisan masyarakat.

Dikatakannya, KEP memiliki orientasi dan visinya yang futuristik dan diharapkan menjadi roadmap sektor pendidikan agar tetap relevan dengan pasar kerja.

Ia juga diharapkan untuk mengimbangi perubahan masyarakat dan merevolusi beberapa konsep dasar pendidikan India yang bertujuan untuk merombak sistem pendidikan negara tersebut.

Ini bertujuan untuk universalisasi pendidikan dari pra-sekolah ke tingkat menengah dengan 100 persen Rasio Pendaftaran Bruto (APK) dalam pendidikan sekolah pada tahun 2030 dan untuk meningkatkan APK di pendidikan tinggi menjadi 50 persen pada tahun 2025.

Kebijakan itu bertujuan untuk mencapai 100% kaum muda dan melek huruf bagi orang dewasa.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal India juga menyerahkan Sertifikat kepada 3 pemenang lomba esai yang diselenggarakan untuk mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan sebelumnya.

Demikian pula sertifikat dan hadiah diberikan oleh Konjen India kepada para pemenang lomba seni dan esai yang diselenggarakan untuk masyarakat India di Sumatera.

Artikel ini sudah tayang pada laman Kitakini.news dalam judul https://kitakini.news/64318/konsulat-jenderal-india-rayakan-hut-ke-74-india/