Kolestrol Anda Tinggi? Konsumsi 6 Sayuran Ini

219

Medan, Kovermagz – Dewasa ini, penderita kolesterol tinggi di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Pasalnya kehidupan gaya bebas yang tidak sehat seperti merokok, makan makanan yang yang tinggi kolesterol dan jarang berolahraga menjadi penyebab utama penderita kolesterol kian meningkat.

Ada cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang jarang orang tahu melalui makanan. Mungkin terdengar sepele, tetapi jika pola makanan sehat ini diterapkan, ternyata ada banyak khasiat dan manfaat bagi penderita koresterol. Dikutip dari Kompas.com, Inilah 7 sayuran yang baik anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol.Tidak hanya lezat jika diolah menjadi masakan sayur bening, bayam juga kaya akan kandungan serat.

Setiap satu cangkir bayam mengandung enam gram serat yang siap menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh.

2. Terong

Sebuah penelitian pada dewan uji membuktikan, mengonsumsi jus terong terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Satu cangkir terong seberat 94 gram mengandung serat sebanyak 2,4 gram.

Baca Juga:  Menahan Kantuk Selama WFH? Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Kopi.

3. Wortel

Wortel mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan

Sehingga, kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan. Sejumlah studi telah membuktikan, wortel bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

4. Kale

Kale adalah sayuran penurun kolesterol yang mirip seperti bayam.Sayuran ini mengandung lutein dan karotenoid yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu, lutein juga bisa mencegah kolesterol terikat ke dinding arteri.

Sayuran berdaun hijau ini memiliki kemampuan untuk mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan kolesterol lebih banyak.

5. Kentang

Kentang dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang kaya akan serat larut.

Sebagai informasi, serat larut bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Satu kentang berukuran sedang memiliki sekitar lima gram serat larut.

6. Kacang panjang

Kacang panjang merupakan sayuran penurun kolesterol yang kaya akan serat. Sekitar 150 gram kacang panjang, mengandung 2,6 gram serat.

Reporter: Vicky Siregar
Foto: istimewa