Keren! UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional

118
Keren! UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional
Keren! UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional

Sobat kover, tahukah anda bahwa ada satu produk UMKM gitar dari Indonesia tembus pasar Internasional loh. Namanya ialah UMKM Luna Guitarworks. UMKM yang satu ini juga mendapatkan banyak respon positif dari berbagai kalangan, baik dalam skala nasional maupun Internasional.

Bahkan, Sandiaga Uno selaku Menteri Parekraf turut mengapresiasi UMKM ekonomi yang telah mempromosikan gitar buatan Indonesia ke dunia internasional.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Luna Guitarworks yang sudah mempromosikan butik gitar asli Indonesia ke dunia internasional lewat keunikan desain gitar yang telah mereka buat,” kata Sandiaga dalam siaran resmi, jumat (01/12/2022).

Menurut Menparekraf tersebut, adanya produk UMKM Ekonomi Guitar menjadi salah satu bukti bahwa produk-produk asli Indonesia ini memiliki kualitas yang dapat bersaing di dunia internasional.

Sandiaga Uno selaku Menteri Parekraf juga berharap, apa yang sudah UMKM Luna Guitarworks lakukan sekiranya dapat menjadi inspirasi bagi pelaku-pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk terus berkarya memajukan ekraf di Indonesia.

“Semoga apa yang sudah Luna Guitarworks lakukan ini dapat menginspirasi pelaku-pelaku ekraf lainnya untuk terus berkarya memajukan ekonomi kreatif di Indonesia,” tuturnya. (Mengutip dari opsi.id).

Melihat adanya kemajuan ini, Kemenparekraf nantinya akan terus berupaya mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk naik kelas dengan memanfaatkan teknologi dan mendorong promosi dengan memfasilitasi produk-produk ekonomi kreatif untuk ikut di ajang internasional.

Di lain sisi, pendiri Luna Guitarworks,  Tatag Bintara Yudha juga mengapresiasi dukungan Kemenparekraf dalam mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif tanah air. Tatag mengatakan bahwa ia akan terus menyuarakan produk anak bangsa hingga ke luar negari. Indonesia tidak kekurangan sumber daya dan produk anak bangsa merupakan yang terbaik. 

“Saya ingin suarakan bahwa produk anak bangsa adalah yang terbaik dan sudah ada marketnya di luar negeri. Indonesia tidak kekurangan sumber daya, kita punya bargaining sebagai produk anak bangsa,” kata Tatag.  (mengutip dari Voi.id)

Sekilas Tentang UMKM Luna Guitarwork

Perlu anda ketahui, Luna guitarwork ialah suatu UMKM yang Tatag Bintara Yudha hadirkan sejak 2016. Usaha ini berawal dari keresahannya yang mana di Indonesia pada saat itu belum banyak yang membuat gitar asli lokal.

Gitar ini mereka buat secara custom berdasarkan pesanan yang di terima dan secara handmade. Maka dari itu, proses pengerjaannya membutuhkan waktu selama dua bulan hingga satu tahun.

Hingga saat ini, pembeli dari Luna Guitarworks pun mulai beragam, mulai dari musisi Lilo KLa project, gitaris BIP, pemain bass Jazz Franky Sadikin, hingga beberapa pejabat tanah Air seperti Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Tak sampai situ, ada juga beberapa pembeli lainnya yang datang dari berbagai negara. Baik itu, London, Amerika Serikat, Kanada, Turki, hingga Jepang. Musisi dari luar negeri, yakni Jon Bodan dan gitaris Beyonce juga ikut membeli UMKM tersebut.

Demikianlah artikel tentang UMKM Gitar dari Indonesia Tembus Pasar Internasional. Semoga artikel ini bermanfaat dan mari cintai produk asli Indonesia.

Baca Juga:  Keren! Tomorrow x Together (TXT) Pilih 5 Wisata Bali Ini Jadi Tempat Syuting Video Klip Baru