Catat, Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan Dibuka Kembali Tahun Depan

159

Medan, Kovermagz – Kartu Prakerja gelombang 11 resmi ditutup pada Rabu 4 November 2020 yang lalu.

Pembukaan gelombang 11 adalah upaya pemerintah melengkapi kuota 5,6 juta peserta Kartu Prakerja yang dicanangkan tahun 2020.

Sebelumnya, program prakerja hanya dibuat sampai gelombang 10, tapi karena banyak status kepesertaan yang dicabut, maka dibukalah gelombang 11.

Seperti diketahui “Kartu Prakerja” merupakan program bantuan dari pemerintah yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Adapun syarat untuk memperoleh Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

– Warga negara Indonesia (WNI) usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah atau kuliah.

– Orang yang sudah bekerja dan korban PHK

– Calon peserta yang ingin mendaftarkan diri diwajibkan untuk membuat akun kartu prakerja di website resmi www.prakerja.go.id hanya dengan menggunakan e-mail dan nomor ponsel aktif.

Nantinya mereka akan mendapatkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.

– Setelah memiliki akun, para calon peserta wajib mengikuti petunjuk dalam mengisi formulir pendaftaran

– Anda akan mendapatkan notifikasi skor tes untuk mengetahui lolos tidaknya anda.

Jika anda dinyatakan lolos maka anda menerima pemberitahuan melalui emai, sms untuk menerima pagu bantuan biaya kepelatihan insentif sebesar Rp3,550.000 dengan rincian Rp 1 juta untuk membeli program pelatihan, insentif Rp600.000 selama empat kali, dan biaya mengisi 3 kali survei Rp150.000.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Bagi yang tidak disetujui atau belum lolos dapat mencoba kembali dengan memilih batch atau tahap berikutnya tanpa perlu melakukan pendaftaran ulang

Lantas apakah Kartu Prakerja gelombang 12 akan kembali di buka?

Program Kartu Prakerja gelombang 12 akan dilanjutkan pada 2021 tetapi jadwal belum dipastikan. Bagi masyarakat yang belum lolos, dapat mendaftarkan diri kembali dan peserta yang sudah menerima insentif tahun ini, tidak bisa kembali mendapatkan insentif di tahun berikutnya.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam video conference, (Selasa 3/11) mengatakan “Teman-teman bisa join batch selanjutnya di tahun depan, jadi join batch I di 2021. Datanya teman-teman sudah tersimpan di database, jadi tidak perlu mengulang, mengisi data-data dari awal,” jelasnya

Diketahui, Kartu Prakerja gelombang I sampai 10, sudah ada 5,59 juta pendaftar yang telah diterima dalam program Kartu Prakerja. Adapun insentif yang telah disalurkan sebesar Rp5,7 triliun untuk 4,9 juta peserta yang telah menyelesaikan minimal satu pelatihan.

Penulis : Annette Thresia Ginting

Sumber : prakerja.go.id