Ini Tanda Maskermu Harus Segera Diganti Dengan Masker Yang Baru

191

Medan, Kovermagz – Masker saat ini menjadi barang yang tidak boleh ditinggalkan saat bepergian. Penggunaan masker dinilai dapat melindungi kita dari debu dan virus saat hendak keluar rumah.

Pemakaiannya pun tak boleh sembarangan, harus ada beberapa aturan dalam pemakaian masker agar masker yang kamu kenakan dapat berfungsi dengan semestinya.

Jika terdapat tanda-tanda berikut, itu tandanya maskermu harus segera diganti, ya.. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Masker tidak lagi pas diwajah

Jika pertama kali digunakan mungkin rasanya pas dimuka saat hendak menutupi mulut dan hidung. Tapi saat semakin sering digunakan,  masker tak lagi bisa menutup wajah dengan sempurna.

Jika sudah seperti ini, lebih baik kamu ganti masker yang baru, ya..

2. Tali masker kendur

Penggunaan masker yang terlalu sering juga dapat membuat tali masker cenderung mengendur.

Saat tali cenderung kendur, sebaiknya ganti tali masker dengan yang tali lain. Ditakutkan, tali yang sudah lama terpakai akan membuat debu dan virus  mudah masuk lebih mudah.

3. Masker tidak dicuci dengan benar

Untuk menjaga keawetan masker, pencucian masker juga harus tepat dan benar. pencucian masker pun berbeda-beda tergantung jenis masker yang digunakan.

Jika selama ini kamu hanya memasukkannya ke mesin cuci dan digabung dengan pakaian kotor lainnya, itu adalah cara yang salah. Masker yang dicuci dalam mesin akan mudah rusak dan berbulu.

4. Warna masker memudar

Pernah lihat masker yang warnanya cenderung memudar? Kemungkinan ini akibat terlalu sering digunakan serta terkena sinar matahari.

Jika warnanya sudah berubah, sebaiknya ganti masker dengan yang baru karena ditakutkan kain masker yang tengah pudar teksturnya akan merenggang dan memudahkan virus masuk melalui hindung serta mulut.

Penulis: Jehan Erwita

Sumber: Berbagai sumber