Ini Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menambah Minat Baca

112

Medan, Kovermagz – Membaca, mungkin kegiatan yang satu ini sudah jarang kita lakukan. Pandangan kita hanya tertuju pada bacaan-bacaan yang tak tentu arah dimedia sosial yang setiap hari sudah seperti asupan bagi kita.

Faktanya, padahal membaca buku dapat memberikan banyak manfaat baik dalam ilmu pengetahuan, ide, serta gagasan-gagasan baru yang mungkin dapat ditimbulkan dari bacaan yang kita baca.

Hasil penelitian dari Perpustakan Nasional tahun 2017, menyebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia hanya membaca 3-4 kali perminggu dengan durasi membaca rata-rata 30-50 menit. dan pertahun diperkirakan hanya 5-9 buku.

Penelitian lain berdasarkan Studi dari World Most Literate Countries yang dilakukan oleh Presiden Central Connecticut State University (CVSU), John W Miller, Negara kita, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara.

Berdasarkan data-data tersebut, jelas minat baca di Indonesia masih sangat tertinggal. Hal ini mungkin disebabkan oleh modernisasi digital atau penggunaan gadget yang membuat minat baca tidak ada lagi pada diri seseorang.

Berangkat dari masalah tersebut, mungkin beberapa hal dibawah ini dapat membuatmu termotivasi agar lebih ringan untuk membaca buku:

  1. Membiasakan membaca sejak dini

Membiasakan membaca sejak dini dapat membuat kamuu merasa ringan dalam membaca dibandingkan dengan orang yang tidak dibiasakan membaca.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

Anak kecil yang dibiasakan membaca oleh orang tuanya akan sangat ringat dalam membaca buku.

Mulai sekarang, kamu bisa biasakan membaca buku beberapa lembar perhari dan lakukan setiap harinya agar semakin lama hal ini akan menjadi kebiasaanmu.

2. Cari tempat senyaman mungkin untuk ruang membaca

Kamu bisa membaca buku ditempat yang menurutmu nyaman, entah itu coffe shop yang tidak terlalu ramai, atau mungkin perpustakan yang kamu sering kunjungi.

Tempat yang nyaman akan mempengaruhi mood mu loh dalam membaca.

3. Buat list mingguan/bulanan buku yang harus dibaca

Tulis dan catat target mingguan/bulanan buku yang harus kamu baca atau yang kamu ingin beli untuk minggu/bulan depan.

Membaca buku dengan isi yang kamu minati, juga sangat bisa dilakukan. Dan pastikan buku-buku yang kamu baca dapat memotivasi kamu agar selalu semangat dalam membaca yaa..

4. Gabung dengan komunitas yang mempunyai minat baca

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan gabung bersama komunitas yang dapat menumbuhkan minat bacamu.

Dengan masuk ke dalam komunitas tersebut, akan membuat kita ingin ikut membaca apa yang rekan komunitas kita baca dan pelajari.

Reporter: Jehan Erwita

Dokumentasi: Istimewa