Ini Bahayanya Jika Kamu Sering Skip Sarapan

181

Medan, Kovermagz – Sarapan memang adalah hal yang penting bagi tubuh. Tubuh membutuhkan gula darah untuk menguatkan otot dan kinerja otak, dan hal ini didapat dari asupan yang kita makan.

Dilansir dari theasianparent, berikut adalah beberapa hal negatif yang kamu dapatkan jika terlalu sering skip sarapan:

1. Resiko Penyakit Jantung

Sebuah studi di Harvard University mengungkapkan bahwa pria yang sering melewatkan sarapan 27% lebih beresiko mengidap penyakit jantung.

Ketika melewatkan sarapan, tubuh kita akan bekerja lebih keras sehingga metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan hal ini akan menyebabkan penumpukan plak pada arteri yang mengakibatkan masalah jantung.

2. Resiko Terkena Diabetes

Ketika kita skip sarapan dan makan disiang hari dalam porsi besar, tubuh akan mengalami resistensi insulin.

Sebuah studi lain di Harvard juga mengatakan bahwa wanita yang tidak sarapan secara teratur akan meningkatkan 20% meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

3. Berat Badan Melonjak

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa skip sarapan dapat membuat berat badan berkurang, padahal ternyata ini adalah konsep yang salah loh.. Jika seseorang skip sarapan maka porsi makannya di siang hari akan lebih banyak dan hal ini malah dapat meningkatkan kenaikan berat badan.

Baca Juga:  ALBUM "KOMPILASI SATU DEKADE MEDAN BLUES SOCIETY” IS OUT!!

4. Metabolisme Tubuh Kacau

Saat kamu tidak mengisi asupan apapun pada tubuh saat pagi hari, otomatis tubuh akan berhenti bekerja untuk menghemat energi. Akhirnya, keinginan tubuh akan berkurang karena digunakan untuk membakar kalori sehingga mempengaruhi metabolisme tubuh.

5. Kinerja Otak Menurun

Ketika kita skip sarapan, nutrisi yang mempengaruhi kesehatan otak akan menurun. Sebuah study juga menunjukkan bahwa seorang pelajar rutin sarapan menunjukkan hasil ujian yang lebih baik karena kemampuan kognitifnya meningkat.

6. Mudah Tersinggung

Sebuah study pada Journal of Phsycogical Behavior menemukan bahwa seseorang yang rutin sarapan cenderung memiliki suasana hati yang lebih positif, dan lebih tenang dalam menjalani hari.

7. Bau Mulut

Ternyata kebiasaan melewatkan sarapan dapat memicu bau mulut tak sedap. Sarapan dipagi hari dapat memproduksi air liur yang membantu membersihkan lidah dari bakteri.

Dokter juga menyatakan bahwa meminum segelas air putih dipagi hari adalah awal sarapan yang baik untuk menyingkirkan bakteri dalam mulut.

Penulis: Jehan Erwita